Dengan Dibentuknya AABC, Indonesia Targetkan Diversifikasi Ekspor

1100

Sebanyak 34 negara di kawasan Asia-Afrika sepakat membentuk Dewan Bisnis Asia-Afrika (Asian-Africa Business Council / AABC). Dewan yang beranggotakan para pengusaha secara formal dibentuk untuk memperkuat perekonomian dan kerja sama bisnis di kawasan ini. Kesepakatan pembentukan AABC ini tercapai pada Asian-Africa Business Summit (AABS) 2015 yang merupakan rangkaian penyelenggaraan peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) 2015 di Jakarta Convention Center, kemarin (31/4/2015).

Pembentukan AABC merupakan bagian dari semangat penyelenggaraan AABS 2015 dengan tema ”Realization of Asian-African Partnership for Progress and Prosperity”. AABC sendiri mempunyai sejumlah target antara lain memperkuat hubungan kerja sama perdagangan dan perindustrian, menghapus hambatan bisnis karena masih kuatnya birokrasi, meningkatkan konektivitas, melakukan kerja sama pembangunan infrastruktur, mengadakan pelatihan sumber daya manusia, menguatkan usaha kecil-menengah (UKM).

Secara khusus bagi Indonesia, dengan terbentuknya AABC ini, Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin, ingin mengingatkan pengusaha untuk memacu perkembangan pasar di negara-negara Afrika sehingga tidak hanya terfokus pada pasar Eropa dan Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui bahwa selama ini aktivitas dagang Indonesia lebih menitikberatkan ke Eropa, AS dan Asia.

Read more

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here