PDB AS Q1-2015 Diproyeksi Melambat, Kenaikan Fed Rate Terancam Lagi

707

Realisasi wacana kenaikan suku bunga The Fed yang sudah ditunggu-tunggu investor sejak tahun lalu diperkirakan tidakakan terjadi sampai September mendatang. Adapun alasan kuat yang mendukung perkiraan ini adalah karena para pejabat The Fed masih ingin memacu inflasi agar dapat menyentuh target yang diharapkan. Pasalnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) di kuartal pertama tahun ini cukup tergerus akibat musim dingin yang ekstrem.

Dampak dari musim dingin tersebut cukup menghambat aktivitas jual beli terutama properti dan rally dolar yang lebih kuat juga telah berkontribusi terhadap melambatnya laju pertumbuhan ekonomi AS ke level terendahnya dalam setahun terakhir. Sebagian besar ekonom menilai The Fed belum berani menaikkan suku bunganya dalam jangka waktu dekat ini karena masih ingin melihat bagaimana laju pertumbuhan ekonomi AS di kuartal kedua tahun ini.

Pada pekan ini PDB AS untuk kuartal I-2015 akan dirilis dan sebagian besar ekonom memroyeksikan pertumbuhan ekonomi AS akan melambat ke laju tahunan sebesar 1 persen dari 2,2 persen yang berhasil dicetak pada kuartal sebelumnya. Selain karena faktor cuaca, penurunan investasi yang berhubungan dengan energi yang disebabkan oleh turunnya harga minyak juga menjadi pemicu melambatnya pertumbuhan ekonomi AS di kuartal pertama ini.

Read more  

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here