Inflasi Jerman Lanjutkan Akselerasinya Bulan Ini

937

Seperti dilaporkan, IHK Jerman periode Maret menunjukkan hasil yang memuaskan dimana ditengah rendahnya harga minyak dunia saat ini, tingkat inflasi Jerman justru berhasil melaju memasuki bulan kedua berturut-turut di bulan Maret lalu. Melajunya inflasi Jerman tentu akan berkontribusi positif terhadap Kawasan Euro, apalagi Jerman merupakan negara dengan fondasi ekonomi terkuat di kawasan tersebut.

Masih melanjutkan tren kenaikan inflasi, data awal yang dilaporkan Kantor Destatis Jerman kemarin (30/4/2015) menunjukkan bahwa Indeks Harga konsumen (IHK) Jerman mencatat kenaikan memasuki bulan ketiganya berturut-turut ke level tertingginya dalam 5 (lima) bulan terakhir di bulan April ini. Berdasarkan laporan awal Destatis, IHK Jerman diprediksi akan naik 0,4 persen (yoy) di bulan April, dimana laju ini adalah yang tercepat sejak November 2014 lalu.

Sementara itu, indeks harmonisasi harga konsumen naik 0,3 persen dari tahun lalu. Sementara itu pada basis bulanan, indeks harmonisasi ini mencatat penurunan sebesar 0,1 persen seperti yang diharapkan oleh para ekonom. Sebagai informasi saja, data final Indeks Harga Konsumen dan komponennya akan resmi dirilis Destatis pada 13 Mei mendatang.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here