Wall Street Ditutup Naik Didukung Kinerja Sektor Energi, Bahan Baku Dan Industri

591
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bursa saham Amerika ditutup menguat, indeks Standard & Poor 500 naik 0,9 persen menjadi 2,013.43 pada 04:00 di New York. Dow Jones Industrial Average naik 138,46 poin, atau 0,8 persen, ke 17,050.75. Nasdaq Composite Index naik 0,4 persen, menghapus penurunan sebelumnya sebanyak 1,1 persen. Sekitar 7,3 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, sejalan dengan rata-rata tiga bulan.

The Chicago Board Options Exchange Volatility Index turun 5,3 persen ke 17,42. Ukuran gejolak pasar yang dikenal sebagai VIX turun untuk sesi kedelapan, beruntun terpanjang sejak Juli 2013.

Semua dari 10 sektor utama didalam  indeks S & P 500 ditutup naik sampai dini hari tadi, dengan energi menambah reli terpanjang dalam enam tahun, sementara bahan baku mengalami kenaikan beruntun yang belum pernah terjadi sejak Desember 2013. Kedua sector ini telah naik selama delapan hari berturut-turut. Sektor industri naik untuk keempat kalinya dalam lima sesi, kenaikan terkuat selama periode sejak 2011, naik 7 persen.

Kelompok energi naik 16 persen sejak 28 September, dengan Chesapeake Energy Corp, Marathon Oil Corp dan Transocean Ltd naik lebih dari 35 persen sejak tanggal tersebut. Marathon Oil dan Anadarko Petroleum Corp naik setidaknya 4,6 persen pada pentupan bursa Jumat dini hari tadi, sementara Chevron Corp naik 2 persen dalam delapan hari. Minyak melonjak di atas $ 50 per barel untuk pertama kalinya sejak Juli pada spekulasi bahwa permintaan adalah mengambil.

Boeing Co dan Honeywell International Inc. rally lebih dari 1,4 persen, sedangkan kereta api Union Pacific Corp naik 2 persen ke tertinggi dua bulan. Harga saham Freeport-McMoRan Inc juga meningkat 3,5 persen selama rally delapan hari, terpanjang dalam tiga bulan.

EMC Corp naik 4,7 persen ke level tertinggi dua bulan. Dell Inc sedang dalam pembicaraan untuk bergabung dengan EMC, dengan tujuan untuk membantu perusahaan memenuhi lebih banyak pelanggan dan mengatasi perlambatan permintaan untuk komputer dan peralatan penyimpanan data.

Netflix Inc melonjak 6,3 persen, tertinggi dalam lebih dari sebulan. Perusahaan layanan video yang dibayar online ini menaikkan harga langganan streamingnya sebesar $ 1 per bulan menjadi $ 9,99 untuk pelanggan baru di AS, Kanada dan sebagian Amerika Latin yang juga akan diterapkan di Eropa tahun ini.

Harga saham EBay Inc turun 6 persen, penurunan terbesar dalam lebih dari dua tahun. Pertumbuhan penjualan toko selama bulan September adalah 1,1 persen, terendah sejak Februari 2011 dan bila dibandingkan dengan penjualan bulan Agustus, turun 3,4 persen, demikian data yang dikeluarkan  ChannelAdvisor.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here