Investor Tiongkok Berbalik Optimis, Indeks Shanghai Selasa Berhasil Positif

711

Secara mengejutkan berbalik positifnya kinerja perekonomian dalam negeri yang ditunjukan pada peningkatan surplus perdagangan dibulan September yang lalu, tampak berhasil membalikan pelemahan bursa saham Tiongkok Selasa pagi (13/10), dengan indeks Shanghai yang dapat ditutup dalam teritori positif.

Lihat :    Kekhawatiran Sentimen Lokal Menumbangkan Bursa Tiongkok Selasa

Meningkatnya kinerja ekspor dalam negeri secara tahunan dibulan September yang lalu, dengan menjadi -3.7%, dari hasil rilis sebelumnya pada -5.5%, tampak berhasil membangkitkan kinerja bursa saham Tiongkok hari ini, meskipun perolehan rilis data tersebut masih berada dalam teritori negatif. Namun berbanding terbalik dengan kinerja impor dalam negeri yang merosot tajam dengan menjadi -20.4%, dari hasil rilis sebelumnya pada -13.8%, dengan ekspektasi penurunan menurut para ekonom yang akan menjadi -15%.

Tampak saham sektor industry dan teknologi dalam negeri berhasil menjadi top performer dalam perdagangan bursa saham hari ini, dimana diperkuat oleh saham Dalian Rubber & Plastics Machinery yang ditutup melonjakn tajam sebesar 10.08%, saham Danhua Chemical Technology 10.07%, saham Guodian Nanjing Automation 10.04%, saham Harbin Air Conditioning 10.04%, saham Shanghai Jin Jiang International Industrial Investment 10.01%Dongfeng Electronic Technology 10.01% dan saham Shanghai Yaohua Pilkington Glass Group  9.98%.

Namun dibebankan oleh saham Xinjiang Youhao Group -10.50%, saham Henan Lotus Flower Gourmet Powder -10.04%, saham Zhongzhu Holding -10%, saham Zhongyuan Union Cell & Gene Engineering -10%, saham Shanghai Zhongji Investment Holding -9.9%, dan saham Inner Mongolia Elion Energy -9.98%.

Pergerakan indeks spot Shanghai Selasa ini, tampak berhail ditutup menguat sebesar 5.56 poin atau 0.17%, dengan menjadi 3.293,23 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 3.287,66 poin serta berhasil mencatatkan lonjakan saham tertinggi diperdagangan hari ini pada posisi 3.298,63 poin dan terendah hari ini pada posisi 3.253,24 poin.

Lihat :    Bursa Tiongkok Senin Menanjak Tinggi, Keoptimisan Investor Akan Kondisi Pasar Meningkat

Berlanjut pada perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu besok, diperkirakan para investor akan menantikan dan merespon pada hasil rilis data inflasi dan data PPI dalam negeri.

Sedangkan secara teknikal dalam pergerakan indeks Shanghai hari ini, dimana garis MA5 yang masih bergasil mempertahankan teritori atasnya serta pada indikator Stochastic daily yang masih menunjukan adanya indikasi penguatan diperdagangan selanjutnya, maka Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai hari Rabu besok akan berpotensi menguat kembali dengan menembus resistance pertama pada posisi  3.330,90 poin dengan MA5 atas BB10 daily, jika pergerakan indeks berhasil menembus resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus resistance kedua pada posisi 3.390,80 poin dengan MA5 atas BB10 daily.

Apabila pergerakan indeks berhasil berbalik arah melemah kembali, maka diperkirakan akan mencoba menembus 3.245,50 poin dengan MA5 tengah BB10 daily, jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 3.195,75 poin dengan MA5 tengah BB10 daily.

 

 

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here