Kurs Euro Sesi Eropa 29 Oktober Berusaha Melawan Tekanan Bearish

1070

Kurs Euro di sesi Eropa perdagangan hari ini (29/10) mencoba menguat meski tidak ada dukungann data fundamental yang signifikan mengalahkan tekanan berarish oleh sentimen pelonggaran lanjutan yang telah dicanangkan oleh ECB tahun ini. Sedikit dukungan dari rilis data sektor tenaga kerja di Jerman yang mengabarkan bawha tingkat pengangguran stabil di angka 6,4% pada periode Oktober tampak membuat Euro sesi ini bullish dalam fase koreksi.

Tekanan bearish pada euro semakin dalam karena pintu  harapan Fed Rate di bulan Desember belum tertutup bersasarkan FOMC statement malam tadi. Perbedaan kalur yang saling berlawanan ini turut menjadi sentimen utama yang mengarahkan pair ERURUSD meksi berfluktuasi naik dan turun.

Kaliamt dalam FOMC statement cenderung hawkish dan membuat investor pasar equitas sulit bergerak di tengah ketidakpastian The Fed. Harapan hanyalah sekedar harapan, namun sebenarnya belum pasti juga. Bagaimanapun The Fed mengininkan perkembangan data yang baik, sehingga dengan demikian rilis data-data fundamental dalam 7 pekan kedepan setidaknya harus menutupi kelemahan data seperti di serapan tenaga kerja di periode sebelumnya.

Data malam ini yang akan rilis adalah PDB AS kuartal ketiga perkiraan pertama, dan klaim pengangguran mingguan yang jauh lebih penting yang dapat mengukur siap atau tidak The Fed menaikan suku bunga. Klaim pengangguaran pekan ini mengantisipasi pekan ketiga angak kalim yang sedikit seperti dua pekan sebelumnya 255 ribu dan 259 ribu.

Beralih pada setimen Ekonomi Eropa, sekedar mengingatkan bahwa salah alasan utama niat ECB akan menaikan cakupan stimulus adalah inflasi yang rendah dan sulit mencapai target yang diharapkan. Dengan demikian urgensi diperlukanya stimulus tambahan ini akan semakin mendesak jika infalsi zona Eropa yang dirilis besok (30/10) stagnan disitu-situ saja atau meleset dari perkiraan naik. Sehingga akan menjadi tekanan bearish yang ketiga.

Memantau kurs Euro pada pair EURUSD saat ini (09:40:11 GMT) menguat di harga 1.0964 dari pembukaan 1.0919. Pada perdagangan kemarin (28/10) pari ini anjlok dari pembukaan 1.1050 dengan capaian tinggi 1.1095 dan rendah di harga 1.0896.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan EURUSD hingga saat ini sedanga dalam tekanan jual yang kuat yang ditandai oleh haraga keluar dari range kisaran resisten 1.1100 dan support 1.1001. Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya maka pergerakan hari ini cenderung bearish, jikapun menguat akan terbatas pada resisten kisaran 1.1014.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here