Pergerakan Yen Terbatas Namun Menguat

460

Pergerakan Kurs Yen Jepang hari ini (02/11) masih mengalami tarik menarik sentiment dengan Dollar AS. Liburnya bursa Jepang memperingati Culture Day memberikan pergerakan yang sedikit bagi Yen Jepang.

Pada penutupan perdagangan kemarin, kurs USDJPY naik 0.11 %, pada 120.74. Namun pada pergerakan sore ini terpantau kurs USDJPY mengalami penurunan 0.10% pada 120.64.

Penguatan Yen didukung melorotnya data manufaktur AS, yang merupakan posisi terendah sejak bulan Mei 2013. Penguatan diperoleh akibat data yang dirilis ISM menunjukkan nilai diatas perkiraan penurunan. Data pertumbuhan kinerja manufaktur AS yang ditunjukkan oleh indikator ISM Manufacturing PMI naik sedikit dari perkiraan penurunan data ke 50 poin yaitu di posisi 50,1 sedangkan data sebelumnya 50,2 poin.

Sementara itu hari ini belum ada arahan sentimen Jepang terkait hari libur Culture Day. Namun dari AS akan ada data Factory Orders (MoM) September yang diindikasikan menurun dari perkiraan, ini bisa memberikan sentimen positif untuk penguatan Yen.

Secara teknikal,  Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan USDJPY akan mengalami tekanan dengan merespon data Factory Orders AS. Diperkirakan pair ini akan bergerak pada kisaran Support 120.44-120.19 dan kisaran Resistance 120.80-121.00

 

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here