RBA Optimis Kondisi Ekonomi Australia, Suku Bunga Tidak Diubah

448

Bank sentral Australia (RBA) menilai prospek pertumbuhan ekonomi negerinya menguat sedikit selama beberapa bulan terakhir siring pertumbuhan ekonomi global yang moderat. Penilaian ini menjadi dasar bagi para pembuat kebijakan moneter negeri Australia memutuskan untuk tidak merubah tingkat suku bunga acuannya dalam pertemuan bulanan RBA hari ini.

Dewan kebijakan Reserve Bank of Australia menetapkan suku bunga tidak berubah pada 2,00 persen, sebelumnya suku bunga ini merupakan penurunan 25 basis poin dari suku bunga per bulan Mei lalu. Dan sejak awal tahun suku bunga negeri ini baru diturunkan sebanyak 2 kali yaitu bulan Februari dan Mei.

Pembuat kebijakan juga menilai bahwa survei bisnis menunjukkan peningkatan bertahap dalam selama setahun terakhir dan ini didukung dengan pertumbuhan agak kuat dalam lapangan pekerjaan dan stabilnya tingkat pengangguran. Selain itu RBA memperkirakan akan konsisten dengan target selama satu sampai dua tahun, tapi sedikit lebih rendah dari sebelumnya diharapkan.

Sehingga kondisi ekonomi seperti ini membuat kebijakan moneter perlu akomodatif, namun RBA tetap akan mempertimbangkan prospek berikutnya setelah bulan ini suku bunga tidak diubah. Suku bunga rendah bertindak untuk mendukung pertumbuhan kredit dan belanja konsumen.

 

 

Joel/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here