Optimisme Prospek Ekonomi Jepang Pulih Kembali

538

Prospek ekonomi Jepang semakin menunjukkan kekuatannya sebagai ekonomi terbesar kedua di Asia yang terlihat dari beberapa rilis data ekonominya pekan ini. Prospek tersebut dapat terlihat dari data kinerja bisnis manufaktur dan jasanya di bulan Oktober lalu yang menghasilkan peningkatan data.

Dan hari ini prospek ekonomi negeri bunga Sakura mendapat penilaian yang positif bahkan lebih baik dari penilaian bulan September yang mengecewakan. Kepercayaan konsumen Jepang meningkat lebih dari yang diperkirakan menurut data survey  Kantor Kabinet Jepang.

Indeks kepercayaan konsumen  negara Jepang meningkat  menjadi 41,5 pada bulan  Oktober dari 40,6 pada bulan September. Sebelumnya data survey  yang dilakukan terhadap 8400 rumah tangga Jepang ini diperkirakan akan mengalami penurunan ke  40,8.

Japan Consumer Confidence

Dari rincian data yang dilaporkan kantor kabinet hari ini, semua sub-komponen dari kepercayaan konsumen naik dari bulan sebelumnya. Terhadap kepercayaan akan pertambahan mata pencaharian  naik menjadi 39,6 pada Oktober dari 38,8 pada September. Demikian pula, kepercayaan akan terjadinya pertumbuhan pendapatan  meningkat menjadi 40,0 dari 39,4 bulan September.

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here