Ekspor Perhiasan dan Pesawat Perancis Anjlok, Defisit Dagang Membengkak

686

Kantor bea cukai Perancis sore ini (6/11) mengumumkan kepada publik kinerja perdagangan luar negeri yang masih mencetak defisit dan untuk bulan September lalu defisit semakin membengkak dari bulan sebelumnya. Defisit bulan tersebut merupakan defisit paling besar dalam 4 bulan perdagangan yang disebabkan turunnya ekspor negeri itu.

Defisit perdagangan Perancis  meningkat menjadi € 3,38 miliar pada bulan September 2015 jika dibandingkan  dari defisit € 2,98 miliar yang  tercatat di bulan sebelumnya. Selain itu jumlah defisit ini sedikit di bawah ekspektasi sebelumnya yang dipicu juga naiknya impor.

France Balance of Trade

Ekspor negeri ini  turun 0,6 persen menjadi € 37,39 miliar pada bulan September 2015 dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Turunnya ekspor paling besar pada ekspor  perhiasan, mainan dan furniture yang berkurang serta pesawat. Namun pada bulan itu terjadi peningkatan pada ekspor  kapal, kereta api, dan sepeda. Dari sisi negara partner dagangnya, penurunan ekspor paling besar ke negara Afrika dan Amerika.

Selanjutnya sebagai penambah jumlah defisitnya yaitu meningkatnya impor hingga  0,5 persen menjadi € 40,78 miliar dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Impor paling besar disumbang oleh impor  produk industri kedirgantaraan (16,7 persen) dan farmasi (3,0 persen).  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here