Indeks Shanghai Berakhir Positif Mengikuti Penguatan Bursa Asia

1446
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (20/11), indeks Shanghai berakhir positif, naik 13,76 poin atau 0,38% pada 3630.82. Penguatan bursa Shanghai kembali mengikuti penguatan bursa-bursa kawasan Asia.

Lihat :Bursa Tiongkok Dibuka Mixed Merespon Rencana Pemangkasan Suku Bunga

Indeks Shenzhen berakhir di tingkat tertinggi dalam lebih dari seminggu, naik 29 poin atau 1,3 persen, menjadi ditutup pada 2286.

Sedangkan pada sektor perbankan, jasa keuangan dan perusahaan investasi ditutup di zona merah, menyusul berita bahwa Bank Rakyat Tiongkok akan memangkas lagi suku bunga pinjaman bank. Yuan Tiongkok menguat setelah berita ini, naik 0,02 persen diperdagangkan pada 6,3815 terhadap dolar.

Saham bank-bank besar seperti ICBC, Agriculture Bank, Bank of China, CCB dan Bank of Commerce mengalami penurunan di bawah 1 persen karena investor tetap berhati-hati tentang intervensi lebih lanjut dari pemerintah Beijing.

Saham-saham sekuritas seperti Citic Securities, Haitong Securities, Pendiri Securities, dan China Merchants menurun sekitar 2 persen.

Sedangkan saham energi seperti Sinopec, PetroChina turun masing-masing 0,58 dan 0,66 persen setelah harga minyak rendah, sementara saham China Oilfield Services naik hingga 0,28 persen pada sore hari.

Untuk perdagangan selanjutnya pada senin mendatang, belum ada rilis data indikator ekonomi, namun perlu terus diperhatikan perkembangan bursa global dan harga komoditas.

Analyst Vibiz Research  memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai akan bergerak sideways menunggu fundamental yang dapat menggerakkan bursa.

Indeks diperkirakan akan mencoba bergerak pada kisaran Support pertama pada posisi 3.573 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Support kedua pada posisi 3.518.

Sebaliknya jika harga berbalik menguat akan menembus Resistance pertama pada posisi 3.695 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Resistance kedua  pada posisi 3.756 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here