Prestasi Terbaik Bisnis Swasta Kawasan Euro Sejak Mei 2011

568

Selain melaporkan kinerja bisnis swasta Jerman menurut data flash dari Markit Economics juga dilaporkan kinerja bisnis perusahan-perusahaan sektor swasta di kawasan Euro alami pertumbuhan tertinggi dalam 4,5 tahun pada bulan November. Laporan indeks composite berdasarkan survey terhadap 5000 perusahaan  dikawasan tersebut   menunjukkan peningkatan nilai dari periode bulan sebelumnya.

Data flash dari Markit hari ini menunjukkan indeks output komposit naik menjadi 54,4 pada November dari 53,9 pada bulan Oktober. Ekspansi bisnis  yang cukup kuat ini  didorong oleh ekspansi terbaik sektor manufaktur dan jasa, selain itu ditopang oleh ekspansi bisnis swasta Jerman.

Euro Area Composite PMI

Dari laporan survey tersebut disebutkan indeks PMI sektor jasa meningkat cukup mengejutkan ke posisi 54,6 pada bulan November setelah bulan Oktober berada di posisi  54,1 bulan dengan perkiraan ekonom menurun ke posisi 54,3. 

Demikian pula, untuk indeks PMI  manufaktur naik menjadi 52,8 indeks poin dari 52,3 pada bulan Oktober, sementara para ekonom ekspektasikan  turun ke posisi 52 indeks poin. Namun menurut laporan itu juga dicatat output manufaktur naik pada tingkat tertinggi dalam 19 bulan terakhir.

Namun kinerja bisnis swasta kawasan Euro ini bisa lebih tinggi lagi jika kinerja bisnis swasta negera Perancis tidak menurun. Pasalnya sore ini juga Markit laporkan ekspansi bisnis swasta Perancis melorot ke posisi 51,3 dari 52,6 indeks poin.

 

 

 

H Bara/VMN/VB/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here