Korut Uji Coba Bom Hidrogen, Kekhawatiran Pasar Global Bertambah

407

Belum selesai permasalahan yang terjadi di Timur Tengah beberapa hari lalu hingga hari ini, media  TV pemerintah  Korea Utara siang ini umumkan negaranya telah berhasil melakukan uji coba pertama bom hidrogen. Dan akibat bom ini terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang terjadi disuatu tempat bernama Punggye-ri, tempat yang diperkirakan digunakan Korut untuk melakukan  tes nuklir sejak tahun 2006.

Dari informasi yang disampaikan TV Korea Utara tersebut disampaikan bahwa Korea Utara tidak akan menggunakan senjata nuklirnya jika tidak ada yang mengusik kedaulatan wilayahnya. Bom hidrogen merupakan bom yang sangat dahsyat ledakannya dibandingkan bom atom.

Setelah pengumuman tersebut negara yang menjadi tetangga Korut mengecam aksi pemerintah negara yang sejak 2006 telah melakukan beberapa kali uji coba senjata nuklir. Negara tetangganya seperti Korea Selatan dan Jepang segera melakukan pertemuan khusus membahas apa yang dilakukan oleh Korea Utara.

Dari kacamata perdagangan investasi global, aksi yang dilakukan Korut ini akan menambah kekhawatiran pasar sehingga perdagangan aset berisiko semakin tenggelam dan beralih ke aset safe haven.

Pada awal pekan diberitakan terjadi ketegangan antara Arab Saudi dan Iran pasca sangsi hukuman mati yang dilakukan Iran terhadap ulama Syiah, yang berdampak pemutusan hubungan baik secara politik maupun ekonomi.

Kepanikan perdagangan pasar global kembali bertambah oleh buruknya perekonomian di Tiongkok yang dipicu rilis data PMI manufaktur yang kontraksi sehingga mengakibatkan aksi jual yang besar di bursa saham global.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here