Bursa Eropa Akhir Pekan Tertekan Kekuatiran Tiongkok dan Harga Minyak

683

Bursa Saham Eropa ditutup di wilayah negatif pada penutupan perdagangan hari Jumat malam (09/01), dengan investor memfokuskan pada kekuatiran Tiongkok, lemahnya harga minyak dan laporan pekerjaan bulanan yang kuat di AS.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 5.912,44, turun -41,64 poin atau -0,70%

Indeks DAX ditutup pada posisi 9.849,34, turun -130,51 poin atau -1,31%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.333,76, turun -69,82 poin atau -1,59%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.909,20, turun -150,10 poin atau -1,66%

Pan-Eropa STOXX 600 berakhir turun 1,3 persen, dengan hampir semua sektor ditutup lebih rendah. Pada minggu ini, STOXX 600 turun 6,6 persen, mingguan persentase kerugian terbesar sejak Agustus 2011 selama krisis utang Eropa, ketika jatuh 9,94 persen.

Jerman DAX turun 8,3 persen untuk minggu ini, penurunan mingguan terburuk sejak pekan yang berakhir 19 Agustus 2011 ketika kehilangan 8,63 persen.

Laporan pekerjaan resmi dari AS hanya sedikit mendukung suasana di Eropa. Data non farm payroll menunjukkan bahwa 292.000 pekerjaan diciptakan pada bulan Desember di negara itu. Ini jauh lebih dari yang diharapkan 200.000 pekerjaan baru. Saham AS melonjak pada berita, namun turun selanjutnya di dekat Eropa.

Tingkat pengangguran tidak berubah pada 5,0 persen, meskipun tingkat partisipasi naik. Laporan ini telah membawa ekspektasi untuk Federal Reserve menaikkan suku bunga lebih lanjut di bulan Maret dan satu lagi di akhir tahun.

Data AS mencuri perhatian dari Tiongkok, setelah minggu ini pasar Tiongkok ditutup dua kali untuk membendung penurunan yang tajam.

Bursa Tiongkok dan global agak stabil pada Jumat setelah China Securities Regulatory Commission ditangguhkan sistem pemutus sirkuit yang menenangkan pasar. Indeks Shanghai dan indeks Shenzhen keduanya berakhir di wilayah positif.

Bursa Saham mendapat dorongan lebih lanjut setelah bank sentral China menetapkan titik tengah yuan terhadap dolar AS lebih tinggi pada hari Jumat. Bank Rakyat China mengatakan lebih lanjut akan meliberalisasi suku bunga dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Tenangnya Pasar saham Tiongkok pada Jumat membantu mendorong beberapa saham sumber daya dasar Eropa di awal perdagangan, namun tekanan lanjutan terjadi pada harga logam. Saham Rio Tinto, saham Anglo American dan saham BHP Billiton semua membukukan penurunan tajam.

Meskipun awalnya naik di perdagangan pagi, harga minyak mentah berada di bawah tekanan tajam pada hari Jumat, menuju kembali ke 12 tahun terendah pada Kamis, karena investor terpengaruh kekenyangan pasokan dan permintaan yang rendah secara global. Harga minyak Brent terakhir berada di $ 32,88 per barel dan minyak mentah AS berada di $ 32,74 per barel.

Saham perminyakan seperti SBM Offshore dan Total ditutup tergelincir, lebih dari 3,5 persen, karena kekhawatiran kekenyangan pasokan jangka panjang. Saham Tullow Oil berakhir turun lebih dari 7 persen.

Saham Royal Dutch Shell berakhir 6,4 persen lebih rendah setelah Financial Times melaporkan bahwa tawarannya £ 36 miliar ($ 52 miliar) untuk BG Group kemungkinan akan memenangkan dukungan dari sebagian besar pemegang saham minyak raksasa Anglo-Belanda. Saham BG Group ditutup lebih tinggi.

Saham Sports Direct anjlok lebih dari 15 persen setelah peritel Inggris mengeluarkan peringatan keuntungan. Ini menyoroti memburuknya kondisi perdagangan karena cuaca selama masa liburan.

Dari indeks FTSE, saham supermarket Inggris, Tesco berakhir naik 5,5 persen, setelah menerima upgrade broker oleh Barclays. Ini mendorong saham ritel lainnya di Inggris, termasuk saham Morrisons dan saham Sainsbury.

Saham Shire ditutup turun hampir 2 persen setelah Reuters melaporkan bahwa perusahaan farmasi tersebut sedang mempersiapkan untuk mengumumkan akuisisi sekitar $ 32,5 miliar dari Baxalta.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati perkembangan bursa Wall Street dan pergerakan harga minyak mentah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here