Permulaan Indeks Shanghai Terganjal Buruknya Ekonomi Domestik

462
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (26/01), Indeks Shanghai dibuka negatif, terpantau turun -32,52 poin atau -1,11 persen pada 2906.00. Pelemahan indeks Shanghai terpicu data ekonomi domestik yang negatif.

Lihat :   Penguatan Akhir Indeks Shanghai Oleh Harapan Stimulus dan Kenaikan Minyak Mentah

Kekuatiran mengalirnya arus dana ke luar Tiongkok menekan indeks Shanghai. Arus dana keluar Tiongkok melonjak pada bulan Desember, dengan perkiraan jumlah 2015 mencapai $ 1 triliun, menandakan perjuangan yang dihadapi para pembuat kebijakan negara yang berusaha untuk menahan yuan di tengah pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dan merosot saham.

Arus dana keluar meningkat menjadi $ 158,7 miliar pada bulan Desember, aliran bulanan tertinggi kedua tahun ini setelah bulan September sebesar $ 194,3 miliar, menurut perkiraan yang dikumpulkan oleh Bloomberg Intelijen. Total untuk tahun 2014 melonjak lebih dari tujuh kali pada $ 134,3 miliar.

Demikian juga data yang dirilis oleh Departemen Keuangan pada Senin menunjukkan perusahaan milik negara, yang mencakup sepertiga dari total laba perusahaan industri, membukukan penurunan 5,4 persen dalam pendapatan untuk tahun 2015.

Sementara itu, Investor menepis berita bahwa Bank Rakyat China melakukan operasi pasar harian terbuka terbesar dalam tiga tahun pada hari Selasa, menyuntikkan 360 miliar yuan menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Hasil buruk ekonomi domestik tersebut menekan indeks Shanghai.

Pada awal perdagangan bursa saham, saham-saham Broker menjadi top losers, dengan saham CITIC Securities dan saham Everbright menurun masing-masing sekitar 1 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas merespon hasil data ekonomi yang buruk. Jika pemerintah Beijing mampu memberikan kepercayaan investor untuk stimulus penguatan ekonomi, maka akan membantu menguatkan indeks Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2790-2687 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3013-3125.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here