Euro Sesi Eropa Lanjut Rally Meski Pernyataan Draghi Menjatuhkan

417

Pergerakan kurs euro yang sempat melemah pada perdagangan sesi Asia, akhirnya berhasil menguat kembali pada perdagangan sesi Eropa Kamis (4/02) oleh momentum pelemahan dollar AS terhadap semua major currencies oleh sentimen susahnya the Fed melakukan ekspansi suku bunga lanjutannya, meskipun disisi lain Presiden ECB nyatakan sesuatu yang semakin melemahkan fundamental mata uang tersebut.

Mario Draghi menyebutkan tidak akan ragu-ragu untuk melakukan apa saja demi meningkatkan tingkat inflasi mencapai target ECB di posisi 2 persen. Sikap ECB yang berpotensi akan menambah stimulusnya pada keuangan kawasan satu mata uang tersebut memperburuk fundamental euro.

Dari sisi pergerakan  dollar AS terhadap rival-rivalnya,   indeks dollar menunjukkan pergerakan  negatif dengan proyeksi terancam semakin jeblok oleh perkiraan buruknya data ekonomi AS yang akan dirilis seperti data klaim pengangguran pekan lalu yang menunjukkan peningkatan data serta data pesanan pabrik bulan Desember yang diindikasikan menunjukkan data yang lebih rendah dari periode sebelumnya.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (10:15:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka naik pada   1.1105  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro naik 74  pips  atau 0,7%  dan nilai bergulir  berada pada 1.1179. 

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat naik  ke kisaran  1.1200 – 1.1294 dan jika terjadi koreksi turun   berpotensi ke kisaran 1.0958.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here