Surplus Dagang Malaysia Ambruk Karena Kebanyakan Impor

471

Pemerintah Malaysia melaporkan kinerja perdagangan luar negerinya kembali  menurun seperti yang dilaporkan hari Jumat (5/02) untuk periode bulan Desember. Pada bulan tersebut surplus perdagangan yang dicetak Malaysia terjun ke posisi terendah dalam 4 bulan terakhir  namun masih lebih baik dari surplus 7 bulan pertama tahun 2015.

 

Departemen Statistik Malaysia umumkan surplus perdagangan luar negeri Malaysia pada bulan November mencapai MYR7,9 miliar, yang  secara signifikan turun  dari MYR9,2 miliar tahun   sebelumnya dan dibawah ekspektasi pasar. Surplus perdagangan sebelumnya pada bulan Oktober merupakan surplus terbesar kedua  sepanjang tahun.

Malaysia Balance of Trade

Secara tahunan ekspor meningkat jauh lebih dari yang diharapkan sebesar 1,4  persen menjadi MYR68.30 miliar pada Desember, menyusul kenaikan 6,3 persen pada November.  Peningkatan ekspor di sumbang oleh meningkatnya ekspor  produk listrik dan elektronik, dan  pada saat yang sama, ekspor produk minyak olahan merosot 34,4 persen.

Sementara itu impor naik 3,2 persen menjadi MYR60.31 miliar, turun dibandingkan dengan kenaikan 9,1 persen pada bulan sebelumnya. Naiknya impor terutama karena peningkatan pembelian barang setengah jadi dan barang konsumsi.

Namun secara bulanan, ekspor dan impor Malaysia naik sebesar 1,0 persen dan 5,1 persen masing-masing pada akhir tahun. Dan sepanjang tahun  2015, ekspor mencapai MYR779.9 miliar dan impor berada di MYR685.7 miliar sehingga surplus perdagangan selama periode itu tercatat sebesar MYR94.2 miliar.

 

 

 

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here