The Fed Belum Perlu Menerapkan Kebijakan Suku Bunga Negatif

720

Dengan adanya pertanyaan apakah The Fed bisa menerapkan suku bunga negatif sebagai cara untuk menguatkan kegiatan ekonominya, Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan bahwa bank sentral belum sepenuhnya meneliti apakah hal tersebut sesuai ketentuan.

Selama kesaksian kongres semi tahunannya, Yellen mengatakan Federal Open Market Committee membahas pengenaan biaya kepada bank untuk kelebihan cadangan di The Fed tetapi tidak pernah sepenuhnya meneliti masalah tersebut.

“Kami tidak sepenuhnya melihat masalah peraturan di sekitar itu,” katanya. “Saya akan mengatakan bahwa tetap menjadi pertanyaan yang kita masih perlu kaji lebih teliti.”

Ditanya apakah dia memperkirakan kapan tingkat pemotongan suku bunga Fed setelah kenaikan suku bunga pada bulan Desember, Yellen mengatakan dia tidak berharap itu terjadi dalam waktu dekat karena ia menganggap risiko resesi masih rendah.

“Ada tampaknya peningkatan kekhawatiran resesi risiko yang mengakibatkan meningkatnya premi risiko. Kami belum melihat penurunan tajam dalam pertumbuhan, baik secara global maupun di Amerika Serikat, “katanya kepada House Financial Services Committee.

Testimoni Yellen muncul dengan spekulasi yang tumbuh bahwa Fed mungkin mempertimbangkan menerapkan suku bunga negatif tentang apa itu membayar pada kelebihan cadangan. Itu akan menjadi salah satu pilihan Fed yang berupaya saat pelemahan ekonomi meningkat.

“Saya tidak mengharapkan FOMC akan ada dalam situasi yang perlu untuk segera memotong suku bunga,” katanya. “Jangan lupa, pasar tenaga kerja terus tampil baik, meningkat. Saya terus berpikir banyak faktor menekan inflasi bersifat sementara. Kami ingin berhati-hati untuk tidak melompat ke kesimpulan dini tentang apa yang ada bagi ekonomi AS. “

“Kami berpikir itu bukan alat yang lebih disukai,” katanya. “Kami tidak khawatir tentang dampak itu akan pada pasar uang, kami khawatir itu tidak akan bekerja di lingkungan institusi kami.”

Selama sesi tanya jawab, ia menambahkan bahwa Fed tidak akan terikat oleh seperangkat tolok ukur atau pedoman seperti aturan Taylor yang mengatur tarif tergantung pada tonggak ekonomi.

“Manfaat dari sistem berbasis aturan itu adalah sistematis dan dimengerti,” kata Yellen. Namun, ia mengatakan sesama para pejabat Fed percaya aturan hanya merupakan “tolok ukur yang berguna”, tetapi bahwa “kita perlu mempertimbangkan bagaimana satu aturan besar indikator perekonomian bekerja.”

The Fed menaikkan suku bunga seperempat poin pada bulan Desember setelah menjaga tingkat dana mendekati nol sejak akhir 2008. Kebijakan suku bunga nol bertepatan dengan program pembelian obligasi bulanan yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif, tiga putaran setiap neraca Fed melonjak $ 4,5 triliun.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here