Awal Positif Indeks Shanghai Didukung Penguatan Data Perbankan

459
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (16/02), Indeks Shanghai bergerak positif, terpantau naik 76,63 poin atau 2,79 persen pada 2822.82. Penguatan indeks Shanghai didorong positifnya data perbankan nasional dengan melonjaknya pinjaman baru Yuan dan persediaan uang yang beredar.

Lihat :Bursa Shanghai Sampai Akhir Perdagangan Tertekan Anjloknya Ekspor-Impor

Pagi ini dirilis data indikator ekonomi Tiongkok. Perbankan Tiongkok memperpanjang rekor tinggi 2,51 triliun yuan ($ 385,40 miliar) pinjaman baru pada bulan Januari, jauh di atas ekspektasi pasar, sementara pertumbuhan pasokan uang yang luas juga meningkat mencapai posisi tertinggi 19 bulan, demikian data bank sentral pada Selasa (16/02).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pinjaman yuan baru melonjak ke dekat tujuh tahun tinggi 1,8 triliun yuan pada bulan Januari, tiga kali lipat dari 597,8 miliar yuan pada bulan Desember.

Sedangkan jumlah uang beredar (M2) pada bulan Januari naik 14,0 persen pada Januari dari tahun lalu, mengalahkan ekspektasi 13,4 persen dan mempercepat dari bulan Desember 13,3 persen.

Dalam berita lain, Economic Information Daily melaporkan pembuat kebijakan diharapkan untuk merilis paket kebijakan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi dalam kisaran yang wajar tahun ini

Pemerintah Tiongkok menargetkan pertumbuhan ekonomi 6,5 persen hingga 7 persen pada tahun 2016, setelah mencatat pertumbuhan 6,9 persen pada tahun 2015 yang paling lambat dalam 25 tahun. Ekspor China turun untuk bulan ke tujuh pada bulan Januari dan impor jatuh 19 persen, data resmi menunjukkan Senin kemarin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan data perbankan yang positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2734-2632 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2929-3041.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here