Awal Bursa Eropa Menguat Menantikan Risalah FOMC

434

Bursa saham Eropa dibuka menguat pada hari Rabu (17/02) terdorong rally di Wall Street semalam dan investor mencermati hasil FOMC nanti malam.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik sekitar 0,2 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 5.928,10, naik 65,93 poin atau 1,12%

Indeks DAX berada pada posisi 9.252,85, naik 117,74 poin atau 1,29%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.168,49, naik 57,83 poin atau 1,41%

Pasar Asia terutama ditutup sebagian besar di zona merah, hanya Indeks Shanghai ditutup positif. Di AS, pasar rally dengan Dow menyelesaikan lebih dari 200 poin lebih tinggi.

Investor Eropa mencari arah dua kunci dari informasi pada hari Rabu yang bisa mendorong pasar yaitu data pekerjaan dan upah U.K. dan risalah dari pertemuan Januari Fed. Pasar akan berharap risalah memberikan petunjuk lebih lanjut untuk pembicaraan internal Fed sekitar jalur kenaikan suku bunga setelah mempertahankan suku bunga tetap bulan lalu. Investor perlu mengingat apa yang para pejabat Fed telah mengatakan dalam beberapa pekan terakhir ketika membaca risalah, menurut analis.

Sementara itu baik harga minyak mentah Brent maupun WTI diperdagangkan lebih rendah dengan yang terakhir di bawah $ 30 per barel. Pada hari Selasa, Brent melonjak lebih dari 6 persen dengan menteri minyak dari negara-negara termasuk Arab Saudi dan Rusia bertemu di Doha. Tapi setelah pertemuan itu, kelompok menteri memutuskan untuk membekukan produksi minyak pada tingkat Januari. Dan pada hari Rabu, utusan OPEC Iran mengatakan kepada surat kabar Shargh bahwa negara akan terus meningkatkan produksi minyaknya hingga mendapatkan kembali tingkat produksi pra-sanksi mereka.

Di sisi pendapatan, Credit Agricole mengumumkan rencana untuk menyederhanakan struktur kepemilikan dengan entitas yang tercantum menjual kembali sahamnya di bank induknya kembali kepada mereka. Credit Agricole mengatakan bahwa ini akan memberikan modal dasar kuat.

Sementara itu kelompok pertukaran Eropa Euronext melaporkan kenaikan 26 persen pada laba inti setahun penuh dibantu oleh aktivitas listing yang kuat dan perdagangan tunai.

Perusahaan aluminium dan energi terbarukan Norsk Hydro memangkas proyeksi 2015 untuk permintaan global untuk logam tetapi diposting mendasari laba operasi yang mengalahkan perkiraan.

Sementara perusahaan kesehatan dan gizi Belanda DSM membukukan kenaikan 3 persen pada laba kuartal keempat sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi.

Dalam berita bisnis lain, Akzo Nobel mengatakan telah membuat tawaran € 475.000.000 untuk membeli pelapis usaha industri BASF dan mengharapkan ini akan selesai pada paruh kedua 2016.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah nanti malam, yang dapat memberikan pengaruh pergerakan bursa Eropa selanjutnya.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here