Tiongkok Gencarkan Pembangunan Infrastruktur Untuk Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi

958

The National Development and Reform Commission (NDRC) Tiongkok menyetujui 21 proyek investasi aset tetap dengan total investasi mencapai 54,1 miliar yuan (8,3 miliar dolar AS) pada bulan Januari, kata seorang pejabat, Rabu (17/02).

Proyek-proyek tersebut meliputi pemeliharaan air, transportasi, teknologi dan energi, kata juru bicara The National Development and Reform Commission (NDRC) atau Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Zhao Chenxin pada konferensi pers.

Proyek-proyek akan membantu koordinasi pembangunan daerah serta memperkuat pemeliharaan air dan infrastruktur transportasi dan memperluas jangkauan jaringan listrik, kata Zhao.

Pertumbuhan tahunan investasi aset tetap perkotaan Tiongkok, sebagai pendorong utama ekonomi, terus melemah pada tahun 2015 menjadi 10 persen secara tahunan, turun dari 15,7 persen pada 2014, menurut data resmi.

Perlambatan investasi diyakini menjadi salah satu alasan utama di balik kelemahan dalam permintaan dan risiko penurunan ekonomi Tiongkok.

Ada beberapa titik terang, namun. investasi aset tetap pertanian melonjak 31,8 persen secara tahunan. Hal ini diikuti oleh pertumbuhan 10,6 persen untuk sektor jasa dan 8 persen untuk sektor industri.

Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Tiongkok juga berencana untuk berinvestasi sebanyak 400 miliar yuan ($ 61,4 miliar) pada kuartal pertama tahun ini untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur pemerintah daerah, menurut laporan media. Dana tersebut, di bawah program ikatan khusus, diatur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang melambat berlanjut.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) akan mengalokasikan lebih banyak sumber daya di kuartal berikutnya tahun ini, dan jumlah tersebut akan ditentukan oleh kondisi ekonomi yang sebenarnya, kata laporan itu.

Pembangunan dan Komisi Reformasi Propinsi Shaanxi mengatakan provinsi barat telah ditawarkan 15,6 miliar yuan untuk total 220 proyek dari dana khusus, menurut sebuah pernyataan yang dipasang di situsnya pada 2 Februari.

Sementara itu, Qinghai, Fujian, dan Zhejiang provinsi, serta wilayah otonomi Xinjiang Uygur, juga mengumumkan dukungan dana dari pemerintah pusat, China Business News melaporkan pada hari Rabu.

“Belanja infrastruktur harus menjadi penyangga utama pertumbuhan jadi saya tidak akan terkejut melihat lebih seperti ini juga untuk hal-hal seperti jalan raya, kereta api, pipa,” Bloomberg mengutip pernyataan Larry Hu, kepala ekonomi China Macquarie Securities Ltd di Hong Kong. “Untuk mencapai pertumbuhan 6,5 sampai 7 persen, investasi harus tumbuh 15 persen setidaknya,” kata Hu.

NDRC meluncurkan 800 miliar yuan dalam skema dana khusus tahun lalu, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan proyek-proyek infrastruktur dan meningkatkan perekonomian yang melambat. Komisi menyetujui 280 proyek investasi aktiva tetap senilai 2,52 triliun yuan pada 2015, kata Reuters.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here