Dollar Singapura Amblas Dihajar Rupiah dan USD Karena Deflasi

588

Mengakhiri  perdagangan valas Singapura hari Selasa (23/02), dollar SGD anjlok parah terhadap dollar AS setelah perdagangan sebelumnya berhasil menekan mata uang utama global tersebut. Demikian juga terhadap rupiah, kurs SGD ini masih belum bisa keluar dari tekanan rupiah sejak akhir pekan lalu.  Ambruknya nilai mata uang Singapura ini dipicu oleh rilis data inflasi negeri tersebut yang mengecewakan.

Kantor Statistik Singapura umumkan inflasi negeri tersebut ambruk atau alami deflasi selama 15 bulan berturuthingga periode bulan Januari lalu. Secara tahunan inflasi Singapura kontraksi ke 0,6 persen yang sama dengan periode sebelumnya.

Memantau kurs dolar Singapura pada pair USDSGD saat ini (09:45:11 GMT) bergerak positif    di kisaran 1.4067 setelah diawal perdagangan dibuka pada level 1.3985.  Pada perdagangan  sebelumnya   pair USDSGD menutup harian dengan bearish  yang  berakhir di 1.3987.

Mengukur kekuatan dolar Singapura terhadap Rupiah pada pair SGDIDR di pasar spot saat ini bergulir lemah  di kisaran 9556,26 setelah perdagangan  sebelumnya ditutup  lemah 9585,39. Dan  untuk transaksi  antar bank ditanah air hari ini berdasarkan kurs BI harga jual dollar Singapura lebih rendah   menjadi   9,611.65 dibandingkan dengan harga jual sebelumnya   di harga    9,632.56 .

Secara teknikal, Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan pair USDSGD keesokan harinya diperkirakan bullish kembali, dan berdasarkan harga tinggi perdagangan hari ini di 1.4067  dan posisi rendah  di 1.3979  pair ini  berpotensi  berada di kisaran 1.4090.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here