Ekonomi Hong Kong 2015 Tumbuh Terlemah Sejak 2012

583

Ekonomi Hong Kong tumbuh pada kecepatan tahunan paling lambat sejak setidaknya 2012, sebagai kemerosotan dalam kedatangan wisatawan dan ekspor terus memburuk, kata Sekretaris Keuangan Hong Kong, John Tsang pada Rabu (24/02)

Ekonomi berkembang pada 1 persen menjadi 2 persen pada 2016, lebih lambat dari kenaikan 2,4 persen tahun lalu, Tsang kata kepada anggota parlemen pada hari Rabu. Pertumbuhan produk domestik bruto naik 0,2 persen pada kuartal keempat dari tiga bulan sebelumnya, di bawah perkiraan 0,3 persen ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

hong-kong-gdp-growth-annual

“Konsumsi Lokal dan sentimen investor telah turun oleh kekhawatiran atas ketidakpastian terkait dengan kenaikan suku bunga AS dan prospek pelemahan ekonomi global,” kata Tsang. “Ekonomi lokal sarat dengan risiko di tahun mendatang; prospek jauh dari menjanjikan. “

Dengan sedikitnya wisatawan Tiongkok berbelanja di Hong Kong, pengecer kota ini telah melihat penjualan jatuh untuk tahun kedua berturut-turut, sementara harga rumah telah turun 11 persen sejak September. Itu membuat ekonomi semakin bergantung pada sektor keuangan, sementara kota juga perlu mempertimbangkan bagaimana mengelola populasi penuaan, menurut ekonom Natixis Asia Ltd.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here