Bisnis Ritel Jerman Meningkat 3 Bulan Berturut

925

Kantor Destatis Jerman, siang ini (29/02) melaporkan bahwa omset bisnis ritel Jerman untuk periode bulan pertama  tahun 2016  lalu   menunjukkan peningkatan  dari omset  bulan sebelumnya setelah sebelumnya diperkirakan alami penurunan omset.

Secara bulanan menurut data Destatis,  tingkat penjualan ritel Jerman bulan Januari alami peningkatan 0,7 persen setelah bulan sebelumnya alami kenaikan 0,6 persen. Omset ritel bulan Januari merupakan omset terbesar dalam 6 bulan terkahir dan merupakan peningkatan 3 bulan berturut. Dapat dilihat pada gabar dibawah ini:

Germany Retail Sales MoM

 

Namun jika dilihat secara tahunan, omset penjualan ritel di negara ini  pada bulan Januari lalu alami penurunan atau alamo kontraksi data dari periode sebelumnya peningkatan 1.7 persen menjadi data yang negatif di -0,8 persen.

Beberapa segmen yang menurunkan laju pertumbuhan omset ritel negara ini dibulan tersebut antara lain penjualan produk makanan, minuman dan produk tembakau turun 1,4 persen per tahun pada bulan Januari dan yang untuk produk non-makanan yang turun 0,3 persen.

 

 

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here