Hasil G-20 : Peningkatan Sharing Informasi Dalam Kebijakan Moneter

578

Pada Sabtu malam (27/02), para Menteri Keuangan dari negara kelompok G-20, negara dengan ekonomi terbesar di dunia menyimpulkan pertemuan 1,5 hari mereka dengan konsensus yang datar dan belum jelas : pasar khawatir terlalu banyak.

Para menteri mengesampingkan saran bahwa mereka harus memulai perubahan radikal dalam kebijakan, seperti menyelaraskan nilai tukar mata uang utama. Mereka mendukung sebaliknya kombinasi memperkuat langkah kebijakan moneter, pengeluaran pemerintah dan perubahan struktural, mengubah kata-kata komunike Sabtu malam dari komunike tahun lalu untuk menempatkan penekanan yang agak lebih besar pada kebijakan ini.

Lihat : OECD Mendesak Kelompok G-20 Mereformasi Perlambatan Global

Para menteri berusaha keras untuk membujuk investor di seluruh dunia bahwa mereka lehilangan kekuatan dasar dalam ekonomi global.

“Besarnya volatilitas pasar baru-baru ini belum mencerminkan fundamental yang mendasari ekonomi global,” kata Lou Jiwei, Menteri Keuangan Tiongkok, negara yang memegang kepresidenan kelompok tahun ini.

Dipimpin oleh Tiongkok, para menteri keuangan dari kelompok G-20 sepakat pada Sabtu untuk menginformasikan satu sama lain dari semua perubahan besar dalam kebijakan mata uang untuk menghindari kejutan yang bisa mengguncang pasar keuangan global.

Perjanjian untuk berbagi informasi timbul sebagai tambahan untuk memperbaharui komitmen sebelumnya oleh negara-negara besar untuk tidak mendevaluasi mata uang mereka untuk memperoleh keunggulan kompetitif bagi eksportir mereka. Devaluasi membuat barang-barang eksportir lebih murah di pasar luar negeri.

Perjanjian berbagi informasi dipicu oleh tindakan dalam beberapa bulan terakhir oleh Tiongkok dan Jepang. Tiongkok tiba-tiba membuat devaluasi kecil dalam mata uang pada awal Agustus dan pada akhir Desember, kedua kali menyebabkan penurunan di pasar saham dunia. Jepang telah mengadopsi suku bunga negatif dan mendorong keras untuk memperluas pasokan uang nya, langkah yang telah membuat kurang menarik untuk menahan yen.

Tiongkok telah mengambil langkah-langkah dalam beberapa hari terakhir menjadi lebih terbuka tentang kebijakan keuangan, termasuk mengadakan konferensi pers yang jarang pada Jumat pagi oleh Zhou Xiaochuan, Gubernur Bank Rakyat China, yang berusaha untuk meyakinkan pasar keuangan bahwa Tiongkok memiliki rencana untuk menangani perlambatan dalam pertumbuhan ekonomi.

Jacob J. Lew, Menteri Keuangan Amerika Serikat, dan menteri keuangan lainnya mengatakan bahwa mereka menerima jaminan Tiongkok bahwa devaluasi yang telah menjadi bagian dari keputusan untuk membiarkan pasar memainkan peran lebih besar dalam menentukan nilai renminbi, dan bukan usaha untuk mendapatkan keuntungan dalam perdagangan. “Saya pikir komunikasi bahwa Tiongkok telah melakukan ini hari terakhir telah membantu bukan hanya diri kita sendiri tetapi semua pengamat untuk memahami bahwa lebih jelas, dan saya pikir itu sangat positif,” kata Mr Lew.

Masatsugu Asakawa, Wakil Menteri Keuangan Jepang untuk urusan internasional, mengatakan ada kesepakatan yang kuat bahwa negara-negara tidak harus mendevaluasi mata uang untuk membantu daya saing ekspor mereka. Sementara kebijakan moneter ekspansif seperti Jepang mungkin memiliki efek spillover pada mata uang, mereka tidak bermasalah asalkan kebijakan yang ditujukan terutama untuk mendukung perekonomian domestik, tidak depresiasi mata uang, katanya.

Banyak kekhawatiran musim dingin ini telah melibatkan apakah pertumbuhan ekonomi di Tiongkok mungkin melambat lebih dari statistik resmi. Memberikan sekilas prioritas pemerintah Tiongkok dalam anggaran yang akan dirilis Sabtu depan, Mr. Lou mengatakan Tiongkok akan mengejar daftar panjang kebijakan yang bertujuan membantu berbagai sektor ekonomi Tiongkok menjadi lebih efisien.

Salah satu kebijakan yang sudah dilakukan, kata dia, telah memperpendek proses yang panjang untuk memperoleh beberapa jenis persetujuan pemerintah untuk bisnis untuk beberapa hari. “Melalui deregulasi, kita dapat memperkuat kewirausahaan dan inovasi,” katanya.

Dana Moneter Internasional dan beberapa bank komersial telah menyerukan rasa urgensi dalam menghadapi serangkaian tantangan, seperti suku bunga negatif yang dapat mengikis efektifitas kebijakan moneter. Tapi menteri keuangan dari negara-negara terbesar mendorong kembali, mengatakan mereka tidak merasakan krisis dan respon krisis itu tidak perlu.

“Beberapa pelaku pasar ingin rencana besar untuk meningkatkan perekonomian,” kata Jeroen Dijsselbloem, menteri keuangan Belanda, yang juga ketua dewan Uni Eropa dari 28 menteri keuangan. “Tapi saya tidak merasa ada kebutuhan untuk sebuah rencana besar. Kami tidak dalam modus krisis. “

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here