Pasar Tenaga Kerja Jepang Membaik; Lapangan Kerja Meningkat, Pengangguran Menurun

575

Ketersediaan lapangan kerja Jepang meningkat menjadi 1,28 pada bulan Januari, mencapai tingkat terkuat dalam lebih dari 24 tahun, karena pasar tenaga kerja tetap kuat di grosir, ritel dan industri lainnya, kata pemerintah, Selasa (01/03).

Hasil Januari mencapai tertinggi sejak Desember 1991 setelah Desember ketika tingkat berdiri di 1,27, didukung oleh penawaran pekerjaan yang padat di sektor hotel, restoran, medis dan kesejahteraan serta sektor grosir dan eceran, menurut Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan.

Hasilnya berarti bahwa 128 posisi yang tersedia untuk setiap 100 pencari kerja.

Tingkat pengangguran bulan Januari juga menunjukkan peningkatan, jatuh ke 3,2 persen dari 3,3 persen pada Desember, kata pemerintah dalam laporan terpisah. Angka tersebut merupakan level terendah dalam tiga bulan.

japan-unemployment-rate

Seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi mengatakan bahwa kementerian mempertahankan penilaian kondisi tenaga kerja bahwa situasi kerja tetap pada tren membaik.

Lihat : Bisnis Investasi Jepang Oktober-Desember 2015 Naik 8,5%

Tingkat pengangguran untuk pria turun 0,2 poin dari bulan sebelumnya menjadi 3,4 persen, sedangkan untuk wanita tidak berubah pada 2,9 persen.

Jumlah orang yang menganggur turun disesuaikan secara musiman 4,1 persen menjadi 2,12 juta, sementara jumlah pekerja naik 1,0 persen menjadi 64.580.000.

Jumlah orang yang meninggalkan pekerjaan sukarela berada pada penyesuaian musiman 850.000, kata kementerian tersebut.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here