Selama 3 Bulan Berturut, Dollar Singapura Ditekan Rupiah

1151

Mengakhiri  perdagangan valas Singapura hari Selasa (01/03), dollar SGD kembali berhasil menguat terhadap  dollar AS setelah akhir perdagangan bulan Februari menguat. Sepanjang bulan Februari kurs Singapura ini berhasil menguat terhadap dollar AS setelah 3 bulan berturut sebelumnya alami tekanan.

Namun terhadap rupiah, dollar Singapura masih belum mampu juga menekan mata uang negara tetangganya tersebut. Dan sepanjang bulan Februari rupiah masih dalam posisi menekan dollar Singapura secara bulanan untuk periode bulan ketiga. Penguatan rupiah terhadap kurs negara tetangga Indonesia tersebut dikarenakan kuatnya fundamental rupiah dibanding mata uang kawasan Asia lainnya.

Memantau kurs dolar Singapura pada pair USDSGD saat ini (09:10:11 GMT) bergerak positif    di kisaran 1.4030 setelah diawal perdagangan dibuka pada level 1.4050.  Pada perdagangan  sebelumnya   pair USDSGD menutup harian dengan bearish  yang  berakhir di 1.4049.

Mengukur kekuatan dolar Singapura terhadap Rupiah pada pair SGDIDR di pasar spot saat ini bergulir lemah  di kisaran 9518,74 setelah perdagangan  sebelumnya ditutup  lemah 9520,25. Dan  untuk transaksi  antar bank ditanah air hari ini berdasarkan kurs BI harga jual dollar Singapura lebih tinggi   menjadi   9,569.74 dibandingkan dengan harga jual sebelumnya   di harga   9,542.78.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan pair USDSGD esok hari diperkirakan bullish kembali, dan berdasarkan harga tinggi perdagangan hari ini di 1.4063  dan posisi rendah  di 1.3995  pair ini  berpotensi  berada di kisaran 1.4067 esok hari.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here