Rupiah Rabu Terhebat Dalam 7.5 Bulan Terakhir

759

Hingga perdagangan akhir pasar valas tanah air hari kedua  bulan Maret  (02/03), rupiah bertahan terus dalam pergerakan bullishnya terhadap dollar AS yang dimulai diawal perdagangan Rabu pagi. Rupiah berhasil menguat ditengah anjloknya banyak kurs Asia lainnya seperti yen, yuan, won, dollar Singapura, rupee. Penguatan rupiah hari ini juga merupakan penguatan terbesar sejak perdagangan 13 Juli 2015.

Menguatnya rupiah hari ketiga pekan ini dipengaruhi sentimen kinerja pasar keuangan tanah air yang menguntungkan dan memberikan imbal hasil dibanding pasar keuangan negara kawasan Asia lainnya sehingga asing memburu rupiah.

Dampak  penguatan rupiah  di bursa saham akhir perdagangan hari Rabu,  terpantau asing lakukan penambahan  aksi beli terhadap saham kapital besar sehingga  net buy  asing bertambah  dan tercatat Rp481 miliar lebih setelah siang tadi hanya Rp280 miliar. Dan akhirnya  IHSG ditutup menguat signfikan dengan penguatan 1,2 persen ke posisi 4836.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini bergerak positif dengan posisi kenaikan  0,34% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13301/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13296/US$. Penguatan kurs hingga  siang ini sesuai dengan penguatan  yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat  ke posisi 13314  dari hari sebelumnya 13367 pada hari Selasa (01/03), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13,381   dari posisi 13,434 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah  bergerak negatif oleh sentimen kekuatan dollar AS yang terus bertambah hingga akhir perdagangan.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here