Data ANZ Tidak Dapat Tumbangkan Aussie Dari Ketinggian 8 Bulan

423

Ditengah penguatan dollar AS terhadap beberapa rival-rival utamanya pada perdagangan pasar forex sesi Asia hari Senin (07/03), kurs aussie masih terus melaju kencang kalahkan dollar meskipun sentimen negatif dari survey bank ANZ membayangi laju pair AUDUSD saat data ANZ Job Advertisements bulan Februari dirilis.

Lihat: Harga Minyak Mentah Pekan Lalu Rally

Tenaga yang memberi kekuatan penuh bagi aussie untuk melanjutkan penguatan  perdagangan yang tajam  pekan lalu yaitu pergerakan harga minyak mentah yang semakin memperkuat harga komoditas andalan negeri tersebut seperti bijih besi dan tembaga.

Australia and New Zealand Banking Group umumkan pagi ini indikator ekonomi Australia yang menunjukkan jumlah lowongan kerja yang ada pada bulan lalu baik secara online maupun dari surat kabar. Dari rilis tersebut terpantau jumlah lowongan kerja sedang menurun dan ini akan berdampak pada prestasi pasar tenaga kerja yang bulan Januari berhasil cetak prestasi.

Pekan lalu aussie berhasil mencetak penguatan mingguan terbesar dalam 3 tahun terakhir sejak pekan pekan pertama bulan Agustus 2013 dan secara harian akhir pekan lalu berhasil mencetak penguatan tertinggi sejak Juli 2015.

Pergerakan kurs aussie di sesi Asia (03:20:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat    pada   0.7406 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 4  pips  atau 0,01%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7410.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD berusaha naik   ke posisi resisten 0.7439-0.7468 namun jika tidak berhasil tembus maka pair dapat  kembali turun ke kisaran  0.7393-0.7387.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here