Indeks Shanghai 7 Maret Dibuka Positif Terpicu Harapan Stimulus Pemerintah Tiongkok

650
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok awal pekan Senin (07/03), Indeks Shanghai dibuka positif, saat ini terpantau naik 25,17 poin atau 0,88 persen pada 2899.31. Penguatan indeks terdorong harapan stimulus setelah langkah pemerintah Tiongkok untuk menguatkan ekonominya dengan mengumumkan defisit fiskal dan menetapkan pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah.

Lihat : Stimulus Pemotongan RRR Bank Tiongkok Masih Menguatkan Indeks Shanghai

Tiongkok menaikkan defisit anggarannya yang diproyeksikan untuk tahun 2016 menjadi 3 persen dari produk domestik bruto dengan para pemimpin negara tersebut mencermati kebijakan fiskal untuk mendorong lesunya pertumbuhan.

Defisit diproyeksikan naik dari 2,3 persen dari PDB pada tahun 2015, Departemen Keuangan mengatakan dalam anggaran 2016-nya. Belanja fiskal untuk tahun 2015 tumbuh 13,2 persen, melebihi target sebesar 10,6 persen. Angka-angka yang dirilis pada hari pembukaan legislatif nasional sidang tahunan.

Lihat : Defisit Anggaran Tiongkok 2016 Meningkat 3 Persen

Angka ini telah secara luas disampaikan di media negara sebagai pemimpin terlihat untuk menghidupkan kembali pertumbuhan yang melambat dengan laju terlemah sejak 1990 tahun lalu.Bulan lalu, para pejabat bank sentral menulis di situs Daily Economic bahwa Tiongkok memiliki ruang untuk meningkatkan defisit anggaran sampai 4 persen dari produk domestik bruto.

Tiongkok mengumumkan defisit fiskal dan berjanji untuk mempercepat restrukturisasi industri milik negarayang membengkak, karenanya Tiongkok masih menetapkan target pertumbuhan yang lebih rendah untuk tahun ini.

Perdana Menteri Li Keqiang mengumumkan target pertumbuhan ekonomi 6,5 persen sampai 7 persen Sabtu, turun dari tujuan sekitar 7 persen tahun lalu dan kisaran pertama yang pemerintah telah ditawarkan sejak tahun 1995. Pemerintah juga meninggalkan sasaran perdagangan, menggarisbawahi tingkat ketidakpastian tentang prospek untuk pertumbuhan global. Rincian diberikan dalam laporan kerja Li pada pertemuan tahunan legislatif di Beijing.

Lihat : Tiongkok Tetapkan Target Pertumbuhan Ekonomi Lebih Rendah

Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Tiongkok ini memunculkan harapan untuk pemerintah Beijing mengeluarkan stimulus dan kebijakan yang dapat memperkuat ekonomi Tiongkok.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak menguat terbatas dengan harapan stimulus dari pemerintah Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2806-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3047-3177.

 


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here