Abe Tunda Kenaikan Pajak Penjualan, Harapan Capai Target Inflasi Jepang

725

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada Rabu (09/03) bahwa akan melanjutkan kenaikan pajak penjualan berikutnya pada April 2017 dan itu akan menjadi “keputusan politik,” menunjukkan bahwa kesempatan menunda itu mungkin telah meningkat mengingat tekanan luar negeri telah menggoyahan perekonomian.

Abe telah menunda satu kali kenaikan pajak, dan telah lama mengatakan ia hanya akan menunda lagi jika Jepang mengalami tekanan seperti runtuhnya bank investasi AS Lehman Brothers tahun 2008.

Berbicara di parlemen, Abe menegaskan bahwa pemerintah masih berencana menaikkan pajak untuk 10 persen dari saat ini 8 persen awal tahun depan kecuali kontraksi ekonomi global atau tekanan seperti yang terjadi pada Lehman mengguncang ekonomi Jepang.

Lihat : Kepercayaan Konsumen Jepang Merosot Terendah Satu Tahun

Ketika ditanya apa yang bisa didefinisikan sebagai “kontraksi ekonomi global” yang akan membenarkan menunda kenaikan pajak, Abe mengatakan: “Itu akan menjadi keputusan politik, dengan mempertimbangkan analisis berdasarkan berbagai perspektif dari para ahli.”

Abe mengangkat pajak penjualan pada 2014 menjadi 8 persen dari 5 persen, membawa Jepang ke dalam resesi. Dia menunda tahap kedua dari rencana kenaikan 10 persen, awalnya Oktober lalu.

Di depan umum, Abe menegaskan bahwa pajak akan naik pada 2017 untuk menangani utang besar nasional Jepang.

Namun pemerintah telah mulai membahas secara informal penundaan kedua untuk kenaikan pajak karena merosotnya konsumsi terhadap pertumbuhan upah yang lambat dan Abe mempersiapkan untuk pemilihan musim panas ini.

Pemerintahan Abe akan mengadakan serangkaian pertemuan mengundang akademisi, termasukProfesor Joseph Stiglitz dari Columbia University, mulai pekan depan untuk membahas ekonomi global. Pertemuan tersebut pertama akan digelar pada 16 Maret.

Beberapa analis mengatakan pertemuan bisa digunakan untuk meletakkan tanah untuk menunda kenaikan pajak dengan menekankan kerusakan perlambatan ekonomi global bisa menimbulkan pada ekonomi Jepang, yang mungkin sudah di ambang resesi lain.

Beberapa pejabat Bank of Japan pejabat semakin melihat potensi penundaan peningkatan penjualan pajak ke tahun 2017 sebagai hal yang baik untuk mencapai target inflasi bank sentral.

Perdebatan tentang keputusan pajak, yang diangkat pemerintahan Abe, memiliki sedikit pengaruh pada keputusan kebijakan segera BOJ, untuk pertemuan 15 Maret. Sebagian besar ekonom melihat bank sentral mungkin untuk menjaga sikap moneter tidak berubah minggu depan, setelah mengadopsi suku bunga negatif pada akhir Januari.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here