Bursa Eropa Bergerak Positif Mengikuti Penguatan Bursa Asia

498

Bursa saham Eropa diperdagangan lebih tinggi pada awal pembukaan Senin (14/03), mengikuti penguatan bursa Asia.

Indeks Stoxx 600 Eropa pan lebih tinggi dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Tepantau indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.172,90, naik 33,11 poin atau 0,54%

Indeks DAX berada pada posisi 9.989,61, naik 158,48 poin atau 1,61%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.513,60, naik 20,81 poin atau 0,46%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.170,30, naik 79,70 poin atau 0,88%

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Tajam, Mingguan Hanya Naik Tipis

Pasar Eropa mengikuti tren positif di bursa Asia di mana pasar diperdagangkan lebih tinggi di seluruh papan, Senin. Pedagang global juga telah mulai mengambil pandangan yang lebih positif dari keputusan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) pekan lalu. Bursa Asia juga telah didukung oleh komentar dari regulator Tiongkok pada hari Sabtu yang menyatakan bahwa tidak akan meluncurkan kembali pemutus sirkuit pasar untuk beberapa tahun ke depan.

Investor akan melihat ke depan untuk keputusan bank sentral minggu ini dengan pertemuan kebijakan moneter Bank of Japan pada Senin-Selasa ini. Komite Pasar Terbuka Federal AS mengadakan pertemuan dua hari mulai Selasa (dengan keputusan suku bunga pada Rabu) dan Bank of England mengadakan pertemuan pada hari Kamis. Bank Norwegia dan Swiss juga mengadakan pertemuan kebijakan moneter minggu ini.

Pemain terbaik di indeks Stoxx 600 adalah Bank Italia Banca Monte dei Paschi di Siena, naik 10 persen, setelah surat kabar Italia La Repubblica melaporkan bahwa Perdana Menteri Matteo Renzi telah meminta pemberi pinjaman negara Italia, Cassa DEPOSITI e Prestiti dan Intesa Sanpaolo mempertimbangkan akuisisi potensial dari bank.

La Repubblica menambahkan bahwa kedua pilihan menghadapi rintangan, menurut laporan Reuters. Saham bank tersuspensi sebentar dalam awal perdagangan.

Pemain terburuk pada indeks ini adalah perusahaan pertahanan dan keamanan Perancis Safran, yang diperdagangkan lebih rendah 5,5 persen, setelah dikonfirmasi pada hari Senin bahwa pihaknya menjual bisnis Morpho Deteksi nya, dan mengatakan sedang meninjau pilihan strategis untuk kegiatan identitas dan keamanan, Reuters melaporkan.

Indeks DAX Jerman pada hari Senin, naik 1,7 persen, meskipun partai CDU Kanselir Jerman Angela Merkel menderita kekalahan besar dalam pemilihan regional akhir pekan ini. Kerugian partai terjadi di tengah kenaikan dramatis dalam dukungan untuk anti-imigran pihak AFD dan kritik dari kebijakan pengungsi Merkel.

Pasar minyak juga fokus bagi investor karena harga telah stabil akhir-akhir dengan analis percaya bahwa pasar mulai pulih. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 38,44 per barel pada 0530 GMT, sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan internasional Brent naik 11 sen menjadi $ 40,50 per barel. OPEC merilis laporan pasar minyak bulanan pada hari Senin.

Pada sore nanti akan dirilis data Industrial Production Januari zona Euro, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan meningkat, baik secara bulanan maupun tahunan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif merespon data produksi industri yang positif, namun tetap akan memperhatikan pergerakan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here