Awal Positif Indeks Shanghai 18 Maret Didukung Penguatan Yuan Dan Minyak Mentah

600

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (18/03), Indeks Shanghai dibuka positif, saat ini terpantau naik 13,44 poin atau 0,46 persen pada 2918.27. Indeks Shanghai naik setelah Bank Sentral Tiongkok menaikkan tingkat referensi harian Yuan ke tertinggi November.

Lihat : Indeks Shanghai 16 Maret Berakhir Naik Terdukung Pernyataan Optimisme PM Tiongkok

Bank Sentral Tiongkok menaikkan tingkat referensi harian yuan tertinggi sejak November setelah dolar merosot ke lima bulan rendah semalam . Bank Rakyat China menetapkan Yuan naik sebesar 0,51 persen menjadi 6,4628 terhadap dolar. The Bloomberg Dollar Spot Index turun 1,1 persen pada Kamis, memperpanjang penurunan setelah Federal Reserve Rabu turunkan perkiraan untuk kenaikan suku bunga tahun ini.
 
 
Penguatan harga minyak mentah juga menguatkan indeks Shanghai pagi ini. Harga minyak mentah AS mencapai mencapai lebih dari $ 40 sebagai posisi tertinggi tahun 2016 pada akhir perdagangan hari Kamis, terdorong optimisme bahwa produsen utama akan melaksanakan kesepakatan pembekuan produksi bulan depan di tengah permintaan bensin melonjak di Amerika Serikat.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) kontrak bulan depan, berakhir naik 4,5 persen lebih tinggi, pada $ 40,20 per barel, posting penutupan terbaik sejak 3 Desember 2015. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan depan naik $ 1,15 pada $ 41,48, setelah sebelumnya mencapai puncak tahun ini dari $ 41,60.

Pada awal perdagangan pagi ini, saham-saham yang naik tertinggi adalah saham Sichuan Hongda yang naik 4,53%, saham Tongfang naik 3,68%, saham CITIC Securities naik 3,29%, saham Founder Technology naik 3,12%, saham Beijing Gehua CATV Network naik 3,03%.
 
Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan masih berpotensi menguat terbatas jika harga minyak mentah tetap menguat dan yuan meningkat. Namun perlu dicermati masih adanya kekuatiran ekonomi Tiongkok yang dapat menekan indeks. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2815-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3019-3112.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here