Indeks Shanghai Berakhir Positif Terdukung Harapan Penguatan Ekonomi

956
shanghai index

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (23/03), indeks Shanghai ditutup positif, naik 11,43 poin, atau 0,38 persen pada 3010.79Penguatan indeks Shanghai terdorong harapan optimisme penguatan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 22 Maret Tertekan Komentar Hawkish Kenaikan Suku Bunga AS

Pertemuan kelompok G-20 dan pertemuan tahunan parlemen Tiongkok baru-baru ini diperkirakan telah memberikan beberapa kepercayaan pada prospek ekonomi global, karena investor yakin bahwa pembuat kebijakan akan mengambil langkah-langkah kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang tepat untuk meningkatkan ekonomi Tiongkok.

Pernyataan dari World Bank dan IMF untuk keyakinan tercapainya pertumbuhan ekonomi Tiongkok juga memberikan harapan penguatan ekonomi.

Tiongkok dapat mencapai pertumbuhan PDB setidaknya 6,5 ​​persen dalam lima tahun ke depan jika semuanya berjalan seperti yang direncanakan, demikian pernyataan Sri Mulyani Indrawati, Managing Director World Bank, pada hari Minggu.

Pada forum yang sama, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde juga menunjukkan kepercayaan dirinya dalam perekonomian Tiongkok. Dia mengatakan 13th Five-Year Plan akan membantu Tiongkok mencapai pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Lihat :World Bank Dan IMF Yakin Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tercapai

Hari ini Bank Dunia juga memberikan pinjaman untuk program energi bersih Tiongkok. Bank Dunia menyetujui pinjaman US $ 500 juta ke Tiongkok hari ini Rabu (23/03) untuk mendukung pembiayaan inovatif untuk pengendalian pencemaran udara dalam operasi baru kawasan Jing-Jin-Ji. Program ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan emisi karbon melalui peningkatan efisiensi energi dan energi bersih, dengan fokus pada Jing-Jin-Ji dan daerah-khususnya yang bertetangga, Beijing, Tianjin, Hebei, Shandong, Shanxi, Inner Mongolia, dan Henan.

Lihat : Bank Dunia Gulirkan Pinjaman $ 500 Juta Untuk Program Energi Bersih Tiongkok

Pada akhir perdagangan saham sore ini, saham-saham yang naik tertinggi adalah saham CITIC Securities yang naik 2,00%, saham Inner Mongolia BaoTou Steel naik 1,99%, saham China Life Insurance naik 1,62%, saham Tongfang naik 0,97%, saham Yili Group naik 0,9%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada kebijakan dan stimulus ekonomi yang menguatkan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2917-2824 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3112-3214.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here