Ekonomi AS Q4-2015 Tumbuh 1,4% Didukung Belanja Konsumen

2441

Pertumbuhan ekonomi AS melambat pada kuartal keempat, tapi tidak setajam yang diperkirakan sebelumnya, dengan belanja konsumen yang cukup kuat mengimbangi pelemahan karena upaya perusahaan untuk mengurangi kelebihan persediaan.

Kenaikan produk domestik bruto direvisi menjadi 1,4 persen secara tahunan, nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan, membandingkan dengan perkiraan sebelumnya oleh Departemen Perdagangan dari 1 persen, menurut angka yang dikeluarkan Jumat (25/03) sebagai estimasi ketiga PDB.

united-states-gdp-growth

Pertumbuhan PDB pada awalnya diperkirakan meningkat hanya 0,7 persen. Ekonomi tumbuh pada tingkat 2,0 persen pada kuartal ketiga dan diperluas 2,4 persen untuk keseluruhan tahun 2015. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB kuartal keempat akan direvisi pada tingkat 1,0 persen.

Revisi ke atas mencerminkan kecepatan yang lebih kuat dari pengeluaran konsumen dari perkiraan sebelumnya.

Lihat : Pesanan Barang Tahan Lama AS Februari Anjlok Hampir 3%

Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga dari kegiatan ekonomi AS, naik pada laju 2,4 persen dan bukan tingkat 2,0 persen yang dilaporkan bulan lalu. Konsumsi layanan yang melebihi dari perkiraan sebelumnya menyumbang revisi.

Kecepatan cukup mantap dari belanja konsumen menggarisbawahi kekuatan yang mendasari perekonomian dan harus berlanjut untuk menghilangkan kekhawatiran resesi, yang memicu pasar saham anjlok awal tahun ini.

Pengeluaran sedang didukung oleh pengetatan pasar tenaga kerja, yang terus mengangkat upah, dan kenaikan harga rumah. Harga bensin sekitar $ 2 per galon juga membantu untuk mendukung pengeluaran rumah tangga.

Dengan ekonomi cukup berkembang, dikombinasikan dengan pasar pekerjaan yang kuat dan penguatan inflasi, kemungkinan membuat Federal Reserve AS pada jalan untuk secara bertahap menaikkan suku bunga tahun ini.

Dolar AS naik terhadap sekeranjang mata uang setelah laporan. Pasar Saham AS dan Treasury ditutup untuk hari Jumat Agung.

Persediaan investasi direvisi lebih rendah pada kuartal keempat. Namun, persediaan tetap relatif tinggi untuk permintaan domestik.

Akumulasi bisnis $ 78,3 miliar senilai persediaan dibandingkan $ 81,7 miliar yang dilaporkan bulan lalu. Akibatnya, persediaan dikurangi 0,22 persentase poin dari pertumbuhan PDB bukan dilaporkan sebelumnya 0,14 persen.

Perkiraan pertumbuhan PDB kuartal pertama sekitar tingkat 1.5 persen. Tapi dengan tumpukan persediaan masih besar dan pengiriman pesanan barang modal bisnis yang lemah pada bulan Januari dan Februari, risiko terhadap pertumbuhan miring ke sisi negatifnya.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here