Pertumbuhan Ekonomi AS Masih Lesu Di Kuartal Pertama

19326

Belanja konsumen AS hampir tidak naik pada bulan Februari dan inflasi mundur, menunjukkan Federal Reserve tetap berhati-hati untuk menaikkan suku bunga tahun ini bahkan sebagai pasar tenaga kerja kuat.

Laporan Senin dari Departemen Perdagangan juga menunjukkan belanja konsumen pada bulan Januari tidak sekuat seperti yang dilaporkan sebelumnya. Bersama-sama dengan data lain yang menunjukkan pelebaran defisit perdagangan barang pada bulan Februari, menunjukkan pertumbuhan ekonomi masih lesu pada kuartal pertama.

Belanja konsumen naik 0,1 persen karena rumah tangga mengurangi pembelian barang setelah naik direvisi turun 0,1 persen pada Januari. Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS, itu sebelumnya dilaporkan telah meningkat 0,5 persen pada Januari.

Lihat : Ekonomi AS Q4-2015 Tumbuh 1,4% Didukung Belanja Konsumen

Ketika disesuaikan dengan inflasi, belanja konsumen naik 0,2 persen. Belanja konsumen disesuaikan dengan inflasi untuk Januari direvisi turun untuk menunjukkan hal itu tidak berubah dibandingkan kenaikan 0,4 persen yang dilaporkan sebelumnya.

Mengingat kekuatan pasar tenaga kerja dan bensin murah, ekonom berspekulasi bahwa konsumsi telah terhambat oleh penurunan besar pasar saham pada awal tahun yang mengikis kepercayaan konsumen.

Dalam laporan terpisah, Departemen Perdagangan mengatakan defisit perdagangan barang melebar ke $ 62,9 miliar pada bulan Februari dari $ 62,2 miliar, naik untuk bulan keempat berturut-turut sebagai peningkatan ekspor diimbangi oleh keuntungan di impor.

Pemerintah akan menerbitkan data perdagangan bulan Februari, yang meliputi jasa, pada 5 April.

Dalam memperbaiki belanja konsumen dan data perdagangan, ekonom memangkas perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto kuartal pertama mereka sebanyak setengah persentase poin ke level sebagai tingkat tahunan 0,9 persen. Ekonomi tumbuh pada kecepatan 1,4 persen pada kuartal keempat.

Inflasi turun bulan lalu, dengan indeks harga untuk belanja konsumen turun 0,1 persen setelah sempat naik 0,1 persen pada Januari. Dalam 12 bulan sampai Februari, indeks pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) harga naik 1,0 persen setelah naik 1,2 persen pada Januari.

Termasuk makanan dan energi, harga naik 0,1 persen setelah naik 0,3 persen pada Januari. Dalam 12 bulan sampai Februari, yang disebut indeks harga PCE inti meningkat 1,7 persen setelah kenaikan serupa pada bulan Januari.

Inti PCE adalah disukai Fed sebagai ukuran inflasi dan berjalan di bawah target 2 persen. Perlambatan inti PCE dalam pembacaan bulanan datang setelah Ketua Fed Janet Yellen baru-baru ini menyatakan keraguan atas kesinambungan dari keuntungan dalam langkah-langkah inflasi inti.

Lihat : Keuntungan Perusahaan AS Anjlok Tergerus Penguatan Dollar Dan Penurunan Minyak

Yellen mengatakan kepada wartawan bulan ini “mungkin ada beberapa faktor sementara” di balik kenaikan harga. Namun, tingkat PCE inti tahunan yang diadakan di atas tingkat yang pembuat kebijakan bank sentral harapkan untuk terjadi pada akhir tahun ini.

Inflasi masih lembut menunjukkan bank sentral AS akan terus secara bertahap menaikkan suku bunga tahun ini. Proyeksi baru Fed yang diterbitkan bulan ini menunjukkan pembuat kebijakan mengharapkan dua kenaikan suku bunga seperempat poin pada akhir tahun, setengah jumlah dilihat pada bulan Desember.

The Fed menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Belanja konsumen bulan lalu kembali digelar oleh penurunan 0,7 persen pada pembelian barang. Pengeluaran untuk jasa naik 0,4 persen.

Pendapatan pribadi naik 0,2 persen setelah naik 0,5 persen pada Januari. Perlambatan pertumbuhan pendapatan kemungkinan sementara di tengah bukti bahwa adanya pengetatan pasar pekerjaan, ditandai dengan tingkat pengangguran di level terendah delapan tahun pada 4,9 persen dan kurangnya pertumbuhan keterampilan, adalah menaikkan upah.

Rumah tangga didorong memiliki tabungan untuk lebih dari tiga tahun bulan lalu. Tabungan yang lebih tinggi dan pasar perumahan kuat, yang memperkuat kekayaan bersih rumah tangga, harus mendukung belanja konsumen tahun ini.

Dalam laporan ketiga, National Association of Realtors mengatakan kontrak pembelian rumah yang sebelumnya dimiliki meningkat 3,5 persen pada Februari menjadi tinggi tujuh bulan.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here