Presiden Fed San Fransisco : Ekonomi AS Tetap Di Jalur Kenaikan Suku Bunga

792

Ekonomi AS tetap di jalur untuk kenaikan suku bunga bertahap dan kekhawatiran atas dampak dari perlambatan ekonomi global dan serangan volatilitas keuangan adalah berlebihan, demikian pernyataan Presiden Federal Reserve San Francisco John Williams pada hari Selasa (29/03).

“Nasib ekonomi lainnya ‘tidak mendikte kita sendiri,” kata Williams dalam sambutannya yang disiapkan sebelum pertemuan di National University of Singapore. “Pandangan saya adalah pada dasarnya, mari kita tetap di jalur. Mari kita tidak mengesampingkan kebisingan dan gangguan komentar yang menjadi penyebab.”

Bank sentral AS mempertahankan suku bunga tidak berubah dua minggu yang lalu dan mengisyaratkan kehati-hatian sebesar perkiraan dua kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini, turun dari empat pada pertemuan bulan Desember, ketika Fed menaikkan suku dari mendekati nol untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi AS Masih Lesu Di Kuartal Pertama

Tapi Williams, yang telah konsisten dalam memberikan penilaian yang lebih optimis akan ekonomi AS selama beberapa bulan terakhir, dia memperkirakan tingkat pengangguran jatuh menjadi sekitar 4,5 persen pada akhir 2016 dan inflasi untuk kembali ke sasaran dua persen Fed selama dua tahun ke depan.

“…..perkembangan terakhir telah sangat menggembirakan dan menambah kepercayaan diri saya bahwa kami berada di jalur untuk mencapai tujuan (inflasi),” katanya, mempertimbangkan kenaikan dalam harga minyak mentah dan dolar yang stabil.

Secara keseluruhan ekonomi AS “terus maju ke depan,” katanya.

Dalam perkembangan global, di mana beberapa rekan berpendapat bahwa Amerika Serikat tidak bisa melepaskan diri dari perkembangan ekonomi dan keuangan internasional, Williams menekankan bahwa perkiraan pertumbuhan ekonomi global yang jauh dari mengerikan.

Dana Moneter Internasional memperkirakan pertumbuhan GDP global sekitar 3,5 persen tahun ini, turun hanya satu-setengah persentase poin dari tahun lalu, katanya.

“Saya tidak melihat krisis global menjulang,” kata Williams, menambahkan bahwa ia terus berpikir Tiongkok akan menghindari pendaratan keras.

Dua pembuat kebijakan Fed mengisyaratkan pekan lalu bahwa kenaikan tarif lain bisa datang pada awal pada pertemuan berikutnya bank sentral AS pada 26-27 April.

Namun, peningkatan belanja konsumen dan data inflasi yang mundur pada hari Senin menahan perkiraan investor pada waktu kenaikan suku bunga berikutnya.

Suku bunga AS berjangka saat ini menyarankan pedagang melihat kesempatan 12 persen dari kenaikan suku bunga bulan depan, menurut FedWatch CME Group.

Ketua Fed Janet Yellen akan menawarkan lebih banyak petunjuk tentang pemikiran terbaru bank sentral ketika dia berbicara di New York hari Selasa malam ini.

Williams bukan anggota voting komite tingkat-pengaturan Fed tahun ini, tetapi berpartisipasi dalam musyawarah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here