Indeks Hang Seng 1 April Berawal Negatif Tertekan Kekuatiran Pelemahan Ekonomi

943

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Jumat (01/04), indeks Hang Seng bergerak negatif, terpantau turun turun -275,06 poin atau -1,32% pada 20501.64. Pelemahan indeks Hang Seng tertekan kekuatiran ekonomi Hong Kong dengan diturunkannya tingkat pertumbuhan ekonomi negatif oleh S&P dan juga pelemahan penjualan ritel.

Lihat :Bursa Hong Kong 30 Maret Berakhir Naik Tertinggi Hampir 3 Bulan

S & P menurunkan prospek pertumbuhan ekonomi pada Hong Kong menjadi negatif dari stabil namun menegaskan sanga baik peringkat kredit jangka panjang untuk Hong Kong.

Dikatakan rating negatif mencerminkan pandangan dari pemerintah pusat di Tiongkok.“Peringkat pada Hong Kong juga mencerminkan prospek pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata untuk ekonomi berpenghasilan tinggi, kinerja fiskal yang sehat, cadangan fiskal yang cukup besar, posisi eksternal yang kuat, dan kredibilitas kebijakan moneter, terlepas dari keterbatasan dari nilai tukar yang dipatok rezim dalam melaksanakan kebijakan moneter yang independen, “kata S & P.

Lihat : S&P Juga Proyeksikan Negatif Pertumbuhan Ekonomi Hong Kong

Penjualan ritel Hong Kong pada bulan Februari anjlok terbesar sejak tahun 1999 karena sedikitnya turis Tiongkok yang mengunjungi kota Hong Kong selama liburan Tahun Baru Imlek.

Penjualan ritel turun 21 persen pada Februari menjadi HK $ 37 miliar ($ 4,8 miliar) dari tahun ke tahun, menurut pernyataan dari departemen statistik Hong Kong. Menggabungkan Januari dan Februari, penjualan turun 14 persen.Penurunan bulanan adalah yang terburuk sejak Januari 1999 ketika penjualan juga turun 21 persen.

Lihat : Penjualan Ritel Februari Hong Kong Terburuk Sejak 1999

Pada perdagangan pagi ini, saham-saham yang turun tertinggi adalah Wharf Holdings Ltd/The yang turun -5,19%, saham Sands China Ltd turun -4,27%, saham Galaxy Entertainment Group Ltd turun -3,78%, saham China Life Insurance Co Ltd turun -3,66%, saham China Overseas Land & Investment Ltd turun -3,26%.

 
Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau turun -288,00 poin atau -1,38% pada 20,519.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,807.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng masih berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran pelemahan ekonomi domestik. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.046-19.513 dan kisaran Resistance 21.045-21.511.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here