Kekuatiran Pertumbuhan Utang Tiongkok Melebihi Pertumbuhan Ekonomi

657

Ekonomi Tiongkok kembali ke pola pertumbuhan lama, credit-driven, investment-intensive, dalam beberapa bulan terakhir.

Para Analis saat ini mempertanyakan apakah pemerintah telah cukup jelas tentang kebijakan reformasi mereka, mengingat risiko terhadap perekonomian Tiongkok yang tumbuh 6,9 persen pada tahun 2015, laju paling lambat dalam 25 tahun.

“Saya sangat khawatir tentang ekonomi Tiongkok dalam jangka menengah dan jangka panjang dan tidak melihat jalan keluar,” demikian pernyataan Vincent Chan, kepala penelitian China Credit Suisse. Bahkan meskipun rangsangan baru untuk pasar properti, katanya.

Pihak berwenang Tiongkok telah melonggarkan peraturan kredit, menurunkan persyaratan uang muka dan memotong pajak. Dua-pertiga dari 70 kota besar Tiongkok mengatakan harga rumah baru naik pada bulan Februari. Namun pengembang tampaknya menjadi lebih hati-hati dalam prospek pasar mereka.

Aktifitas Manufaktur Tiongkok diperluas untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan pada bulan Maret. Indeks manufaktur resmi manajer pembelian naik menjadi 50,2 bulan lalu dari 49 pada bulan Februari. Hasil di atas 50 menunjukkan pertumbuhan, di bawah level tersebut adalah kontraksi.

Lihat : Aktifitas Sektor Jasa Maret Tiongkok Meningkat

Shanghai Composite Index, patokan pasar saham daratan melampaui tingkat 3.000 poin penting sebagai penguatan sentimen investor. Ini diperdagangkan pada 3,056.77 pada hari Rabu pagi, hampir 15 persen naik dari rendah baru-baru ini pada akhir Februari dari 2,673.11.

Chan mengatakan rebound pasar saham mungkin bertahan lagi satu atau dua bulan, karena pasar saham global naik dan selera untuk risiko meningkat. Perubahan mendasar dalam prospek ekonomi makro bisa menjadi batu sandungan, katanya.

Lihat : Kerugian Valas Perusahaan Tiongkok 2015 Mencapai $ 7,5 Miliar Akibat Devaluasi Yuan

Juga pada sisi negatifnya, lembaga pemeringkat Moody dan Standard & Poors (S & P) merevisi peringkat kredit pemerintah China untuk “negatif” dari “stabil” bulan lalu.

“Pemerintah membuat reformasi yang signifikan,” kata analis S & P dalam sebuah catatan. Namun, sebuah “pandangan negatif sebagian didorong oleh pendapat kami bahwa laju dan kedalaman dari reformasi perusahaan milik negara (BUMN) mungkin tidak cukup untuk menipiskan risiko pertumbuhan kredit yang meningkat.”

Hal itu mengungkapkan keprihatinan untuk rasio utang di daerah itu tumbuh dan menarik skeptisisme atas reformasi dalam catatan yang dikirim pada hari Selasa.

“Unsur-unsur kebijakan pada mengatasi kelebihan kapasitas di sektor-sektor tertentu telah diartikulasikan – terutama batubara dan baja – tetapi mereka tidak menambahkan hingga strategi meyakinkan, mengingat skala masalah ini,” kata Fitch analis dalam catatan. “Reformasi keuangan, seperti liberalisasi suku bunga deposito pada bulan November 2015, telah dilemahkan oleh pelonggaran moneter yang telah membuat sistem dibanjiri kredit.”

“Target kebijakan 2016 dari pihak berwenang menyiratkan bahwa ekonomi akan tumbuh lebih leveraged, dengan pertumbuhan pembiayaan agregat 13 persen terhadap target pertumbuhan PDB nominal tersirat dalam satu digit. “kata Fitch analis dalam catatan.

Lihat : ADB Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tercapai

Peningkatan utang telah meningkat tinggi dan akan melebihi pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Kecuali mereka yang berkuasa mendorong restrukturisasi utang besar-besaran, yang trennya akan terus berlanjut, kata Chan.

“Jumlah pinjaman akan naik ke 300 persen dari PDB sebelum tahun 2020, dari saat ini 250 persen,” kata Chan. “Secara historis, pertumbuhan ekonomi berhenti ketika rasio utang naik yang tinggi.”

Ekonom Goldman Sachs sepakat dengan pandangan itu. Mereka mengatakan dalam sebuah catatan penelitian baru-baru ini bahwa risiko kredit jangka pendek di Cina dapatdikelola., namun tantangan jangka menengah tetap, kata mereka.

“Pemerintah untuk pertama kalinya menetapkan target pembiayaan sosial total 13 persen untuk tahun 2016, yang berarti bahwa pertumbuhan kredit akan terus pada kecepatan di atas pertumbuhan PDB nominal,” kata laporan itu. “Tim bank Tiongkok kami baru-baru ini merevisi perkiraan mereka tentang potensi kredit bermasalah di sektor perbankan untuk 8-9 persen, dibandingkan dengan perkiraan kami sebelumnya 4-6 persen dan 1,7 persen melaporkan NPL pada akhir 2015.”

Credit Suisse Chan mengatakan solusi yang paling lurus ke depan untuk Tiongkok adalah untuk menerima pertumbuhan ekonomi akan melambat menjadi 2 atau 3 persen dibandingkan dengan ekspansi dua digit dari tahun-tahun sebelumnya dan bahwa itu harus mengadopsi restrukturisasi drastis. Politik yang tidak mungkin, katanya.

“Mudah-mudahan segmen baru-ekonomi, yang berkembang di kota-kota seperti Shenzhen dan Beijing, bisa mengimbangi melemahnya sektor ekonomi tradisional,” kata Chan.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here