Awal Indeks Shanghai 8 April Turun Tertekan Pelemahan Wall Street Dan Data Ekonomi

558
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (08/04), Indeks Shanghai dibuka negatif, saat ini terpantau turun -14,15 poin atau -0,47 persen pada 2994.27. Pelemahan indeks Shanghai tertekan pelemahan bursa Wall Street dan kekuatiran data inflasi.

Lihat : Indeks Shanghai 7 April Berakhir Negatif Tertekan Kekuatiran Pelemahan Ekonomi

Bursa Saham AS ditutup turun sekitar 1 persen pada akhir perdagangan Kamis, dengan penurunan sektor keuangan. dan kekuatan yen terhadap dolar AS memperbaharui kekhawatiran tentang pertumbuhan global dan efektivitas kebijakan bank sentral. Indeks Dow Jones ditutup turun 0,98 persen, ke 17,541.96. Indeks S & P 500 ditutup turun 1,20 persen, pada 2,041.91. Indeks Nasdaq ditutup turun 1,47 persen, ke 4,848.37.

Laporan inflasi, perdagangan, produksi industri dan pinjaman bank baru akan dilaporkan pada minggu mendatang, dengan data Senin diperkirakan menunjukkan indeks harga konsumen naik 2,4 persen pada Maret. Sementara data inflasi di bawah target pemerintah, mungkin cukup untuk memberikan jeda sebelum menurunkan biaya pinjaman.

Investor berspekulasi data inflasi pekan depan akan menyulitkan pemerintah untuk lebih melonggarkan kebijakan moneter.

Pelemahan minyak mentah juga menekan bursa Shanghai pagi ini. Harga minyak mentah turun sekitar 1 persen pada akhir perdagangan hari Kamis setelah data industri menunjukkan penutupan pipa utama tidak mengurangi minyak mentah mengalir ke tempat penyimpanan AS sebanyak yang diharapkan.

Perusahaan intelijen pasar Genscape melaporkan peningkatan 255.804 barel pada pengiriman pada hub Cushing, Oklahoma untuk minyak mentah berjangka AS selama seminggu hingga Selasa, pedagang yang melihat data tersebut.

Peningkatan terjadi meskipun TransCanada telah menutup sejak Sabtu pipa minyak mentah Keystone sebanyak 590.000 barel per hari (bph) yang mengalirkan minyak mentah ke Cushing dan Illinois.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun 1 Persen Terpicu Peningkatan Pasokan

Pada awal perdagangan pagi ini, saham-saham kapital besar di bursa Shanghai turun. Saham ICBC turun -0,47%, saham Bank Of China turun -1,17%, saham Sinopec turun -0,61%, saham Shanghai Pudong turun -2,06%, saham Shanghai PetroChemical turun -4,4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan masih berpotensi melemah terbatas dengan pelemahan bursa global dan kekuatiran ekonomi Tiongkok, dan dinantikan stimulus kebijakan dari pemerintah Tiongkok yang dapat menguatkan ekonominya. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2895-2793 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3085-3182.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here