Pertemuan Obama-Yellen Membahas Kondisi Ekonomi Dan Regulasi Wall Street

1199

Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen pada Senin (11/04) untuk membahas ekonomi AS di tengah tanda-tanda bahwa pertumbuhan mungkin melambat dengan menurunnya belanja konsumen.

Menjelang pertemuan sore, Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest menyatakan Obama senang dengan Yellen, yang ia ditunjuk untuk memimpin The Fed pada tahun 2014. Ini adalah pertama kalinya sejak November 2014 saat Ketua The Fed telah bertemu dengan Presiden. Pertemuan itu tertutup untuk media.

Ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda penurunan. Konsumen, yang telah dijaga untuk meningkat dalam pertumbuhan, menahan belanja pada awal 2016, dengan penjualan mobil bulan lalu merosot ke level terendah dalam setahun. Melemahnya permintaan luar negeri dan dolar yang relatif kuat yang menyebabkan defisit perdagangan tumbuh dan perusahaan telah memangkas produksi untuk mengurangi melimpahnya persediaan.

Ketika ditanya apakah Obama telah senang dengan pekerjaan Yellen sejak menunjuk dia pada tahun 2014, Earnest menyatakan “Presiden telah senang dengan cara dia telah memenuhi pekerjaan yang penting.”

Lihat  : Akankah Pertumbuhan Ekonomi AS Q1-2016 Turun?

Beberapa ekonom pekan lalu memotong perkiraan pelacakan mereka untuk pertumbuhan di kuartal pertama produk domestik bruto untuk mendekati nol, menyusul kenaikan 1,4 persen pada kuartal terakhir 2015. Ini akan menandai pertumbuhan terlemah enam bulan dalam waktu sekitar tiga tahun.

Obama dan Yellen membahas prospek pertumbuhan jangka panjang, keadaan pasar tenaga kerja, ketimpangan, dan potensi risiko bagi perekonomian, baik di Amerika Serikat dan global,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan. Mereka juga membahas upaya pemerintahan Obama untuk memperkuat peraturan pemerintah terkait Wall Street, kata pernyataan itu.

Pekan lalu, Yellen mengatakan bahwa ada “kemajuan luar biasa” sejak resesi yang dimulai pada tahun 2007, tetapi memperingatkan bahwa langkah-langkah yang lebih luas pengangguran yang “lebih tinggi dari yang diharapkan.” Sementara memperingatkan penurunan yang masih ada di pasar tenaga kerja AS, Yellen mengatakan banyak ukuran pengangguran “benar-benar menyarankan pasar tenaga kerja untuk perbaikan yang jauh lebih baik,” ketika berbicara pada panel dengan tiga pendahulunya Kamis di New York.

The Fed menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade Desember lalu, namun baru-baru mengisyaratkan bahwa akan berhati-hati pada kenaikan tambahan karena kekhawatiran tentang ekonomi global lesu.

Obama semakin berusaha untuk memperkuat peraturan keuangan. Dalam pidato radio mingguannya untuk nagara pada hari Sabtu, Obama menyebutkan aturan baru yang diresmikan pekan lalu oleh Departemen Tenaga Kerja membutuhkan penasihat keuangan dalam kepentingan terbaik klien mereka dan peraturan Departemen Keuangan baru yang ditujukan untuk menindak perusahaan yang mencoba untuk menghindari pajak AS dengan menggabungkan dengan mitra asing, yang disebut inversi.

“Pemerintahan saya mengambil dua langkah besar yang akan membantu memastikan kerja keras Anda dihargai, dan bahwa semua orang melakukan dengan aturan yang sama,” kata Obama.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here