Awal Bursa Eropa Bergerak Lemah Mencermati Pelemahan Minyak Mentah

743

Bursa Saham Eropa diperdagangkan mixed dan didominasi pelemahan pada awal perdagangan hari Kamis, karena investor berhati-hati mencermati pelemahan harga minyak mentah dan laporan laba emiten kuartalan.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 bergerak datar, turun 0,21 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.345,57, turun -17,32 poin atau -0,27%

Indeks DAX berada pada posisi 10.042,56, naik 16.46 poin atau 0,16%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.478,17, turun -12,14 poin atau -0,27%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.764,00, turun -56,70 poin atau -0,64%

Lihat : Bursa Eropa 13 April Dibuka Naik Terdorong Penguatan Bursa AS Dan Asia

Pasar saham Asia diperdagangkan lebih tinggi dengan Nikkei Jepang menguat sebanyak 3,1 persen, memperpanjang keuntungan terdukung pelemahan yen terhadap dolar. Indeks Shanghai berakhir naik.

Pasar minyak mentah tetap menjadi fokus bagi investor menjelang pertemuan pada tanggal 17 April antara OPEC dan produsen non-OPEC di Doha, Qatar, yang bertujuan untuk membekukan tingkat produksi saat ini.

Pada hari Rabu, Reuters melaporkan Menteri Perminyakan Rusia Alexander Novak dalam penjelasannya menyatakan bahwa kesepakatan pada pembekuan produksi yang dijadwalkan akhir pekan ini tidak mengikat dengan beberapa komitmen rinci.

“Perjanjian tersebut tidak akan dirumuskan sangat kaku,” salah satu dari mereka yang hadir mengatakan, mengutip kata-kata Novak pada pertemuan itu. Yang lain mengatakan: “tidak ada rencana untuk menandatangani dokumen yang mengikat.”

Harga minyak mundur selama jam Asia, dengan harga minyak mentah berjangka patokan global Brent turun 0,95 persen menjadi $ 43,76 per barel, sementara harga minyak mentah berjangka AS merosot 0,96 persen menjadi $ 41,36.

Investor juga akan fokus pada keputusan suku bunga dan kebijakan moneter pengumuman terbaru dari Bank Of England, untuk petunjuk tentang cara bank sentral memandang perekonomian negara.

Ada alasan untuk optimis, menurut analis, tetapi dalam jangka dekat, pergerakan mata uang mungkin berat pada pendapatan Eropa.

Dalam laporan laba, Pengecer Casino melaporkan kenaikan penjualan 1,5 persen pada kuartal pertama dengan perbaikan di pasar dalam negeri Perancis. Saham yang diperdagangkan sedikit lebih tinggi.

Perusahaan jasa asuransi Sodexo melaporkan laba operasi dari 658 juta euro dalam enam bulan hingga 29 Februari, naik  6,1 persen tahun-ke-tahun, namun saham lebih rendah.

Di tempat lain, saham kelompok makanan Swiss Nestle lebih tinggi setelah dikonfirmasi prospek setahun penuh dan melaporkan kuartal pertama yang mendasari pertumbuhan penjualan sebesar 3,9 persen.

Di Inggris, pembangun Persimmon mengatakan kinerja penjualan yang kuat telah mengakibatkan total pendapatan penjualan ke depan, termasuk penyelesaian hukum yang diambil sejauh ini di tahun 2016, menjadi 8 persen lebih tinggi dari tahun lalu. Tetapi saham yang melemah tajam.

Pembuat barang konsumsi Unilever berada di wilayah negatif setelah mengatakan mendasari penjualan naik 4,7 persen, sesuai dengan harapan.

Sementara itu, merek fashion mewah Inggris Burberry memperingatkan bahwa “lingkungan eksternal yang tetap menantang” setelah melaporkan pendapatan babak kedua yang turun 1 persen. Saham perusahaan turun lebih dari 7 persen, menyeret turun saham lain di sektor termasuk perusahaan Perancis Hermes.

Sektor sumber daya dasar, yang telah rally baru-baru ini, adalah salah satu pemain terburuk di tengah turunnya harga logam spot. Saham Randgold Resources lebih rendah menyusul harga spot emas pada hari Kamis. Di tempat lain, saham Rio Tinto diperdagangkan melemah tajam setelah membatalkan rencana untuk meningkatkan jumlah waktu pemasoknya untuk menunggu pembayaran.

Sore ini akan dirilis data Inflasi dan Inflasi Inti Maret yang diindikasikan mixed.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa masih bergerak negatif mencermati pelemahan harga minyak mentah. Namun akan dicermati dara inflasi Zona Euro dan inflasi AS, yang akan memberikan pengaruh pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here