EIA Yakin Kelebihan Pasokan Minyak Mentah Akan Turun Pada Semester II-2016

603

Pasar minyak global akan “bergerak mendekati keseimbangan” di paruh kedua tahun ini, demikian pernyataan International Energy Agency (EIA) pada Kamis (14/04).

Surplus minyak global akan berkurang menjadi 200.000 barel per hari dalam enam bulan terakhir tahun ini dari 1,5 juta pada semester pertama, kata badan itu dalam sebuah laporan pada hari Kamis. Produksi di luar Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak akan menurun terendah sejak tahun 1992 sebagai kenaikan minyak shale AS yang mereda. Kekenyangan juga terjadi karena Iran memulihkan ekspor secara bertahap karena hambatan keuangan untuk mempertahankan penjualan setelah pencabutan sanksi internasional.

“Tidak ada keraguan mengenai arah keseimbangan supply-demand,” demikian lembaga penasihat yang berbasis di Paris untuk negara-negara industri mengatakan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun Dengan Pudarnya Optimisme Pembekuan Produksi

Harga minyak, yang tenggelam ke posisi terendah 12-tahun pada bulan Januari di tengah surplus global, telah naik 30 persen dalam dua bulan terakhir karena OPEC dan Rusia berjuang pada rencana untuk membatasi produksi minyak mentah mereka. Namun, tanpa usulan untuk mengurangi pasokan, akan ada sedikit dampak nyata dari kesepakatan, hal ini akan diselesaikan di Doha akhir pekan ini, kata IEA.

Prospek terbaru menjadi pemicu pergeseran prospek untuk lembaga ini, yang baru-baru ini pada Februari mengangkat estimasi surplus global dan memperingatkan bahwa potensi kerugian harga lebih lanjut telah intensif. Prospek pasar kembali menyeimbangkan sebelum akhir tahun mendapatkan berbagai pertimbangan di kalangan analis, dengan Credit Suisse Group AG memprediksi pada Rabu, bahwa persediaan akan turun pada kuartal ketiga.

Persediaan luar OPEC akan menurun sekitar 700.000 barel per hari tahun ini menjadi rata-rata 57 juta per hari. Sementara produksi shale AS “telah lebih kuat untuk menurunkan harga dan penurunan aktivitas pengeboran dari yang diharapkan,” ada bukti yang berkembang “bahwa penurunan produksi dipercepat,” kata IEA.

Produksi minyak mentah AS turun di bawah 9 juta barel per hari pekan lalu untuk pertama kalinya dalam 18 bulan, Administrasi Informasi Energi melaporkan pada hari Rabu.

IEA, yang mengatakan bulan lalu mungkin menurunkan perkiraan permintaan minyak di tengah melambatnya kegiatan ekonomi, mengatakan pihaknya tetap yakin bahwa konsumsi bahan bakar dunia akan meningkat sebesar 1,2 juta barel per hari pada tahun 2016, atau 1,2 persen. India semakin dekat melewati Tiongkok sebagai “mesin utama pertumbuhan permintaan global,” menurut badan tersebut.

OPEC terus meningkatkan sekitar 1,2 juta barel per hari lebih dari rata-rata yang dibutuhkan pada semester pertama tahun ini, laporan menunjukkan. Kelompok anggota 13 negara tersebut memproduksi 32.470.000 barel per hari pada bulan Maret, penurunan 90.000 per hari dari bulan Februari karena gangguan di Nigeria, Uni Emirat Arab dan Irak.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here