Bursa Eropa Akhir Pekan Di Zona Merah; Mingguan Melonjak 3 Persen

563

Bursa Saham Eropa ditutup di zona merah di akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat karena investor mencerna laporan laba terbaru dan data pertumbuhan Tiongkok, menjelang pertemuan puncak minyak utama akhir pekan ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup turun 0,35 persen. Pada minggu ini, namun, STOXX 600 melonjak 3,3 persen.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 6.343,75, turun -21,35 poin atau -0,34%

Indeks DAX ditutup pada posisi 10.051,57, turun -42,08 poin atau -0,42%

Indeks CAC 40 ditutup pada posisi 4.495,17, turun -16,34 poin atau -0,36%

Indeks IBEX 35 ditutup pada posisi 8.850,90, turun -10,60 poin atau -0,12%

Semua bursa utama Eropa ditutup turun sekitar 0,3-0,4 persen. Namun bursa Athena mengungguli rekan-rekannya, melompat 4,9 persen, di belakang kinerja yang kuat di sektor perbankan.

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Negatif Merespon Perlambatan Pertumbuhan Tiongkok

Investor di Eropa bangun untuk terbaru produk domestik bruto (PDB) data dari Tiongkok, Jumat. PDB kuartal pertama China tumbuh sebesar 6,7 persen pada tahun, sejalan dengan perkiraan bahwa pertumbuhan telah cukup mereda. Untuk kuartal Desember, pembacaan datang pada 6,8 persen.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Q1-2016 Melambat

Pasar di Asia berakhir mixed, dengan pasar memiliki reaksi dengan data Tiongkok. Indeks Shanghai dan Shenzhen ditutup sedikit lebih rendah. Di AS, pasar diperdagangkan sekitar datar di sekitar dekat Eropa, minyak membebani sentimen.

Investor di seluruh dunia mengalihkan fokus mereka ke Doha, di mana produsen minyak OPEC dan non-OPEC bertemu hari Minggu. Pembicaraan akan fokus pada pembekuan di tingkat produksi dalam upaya untuk mendukung harga, tetapi sebagian besar analis skeptis bahwa kesepakatan dapat dicapai.

Minyak mentah Brent dan minyak mentah AS melihat harga turun lebih dari 2,5 persen, masing-masing pada $ 42,78 dan $ 40,31 di sesi Eropa Jumat sedekat keraguan atas pertemuan mulai meningkat. Saham-saham minyak dan gas jatuh pada penurunan harga, dengan Tullow Oil di bagian bawah benchmark, turun 5,6 persen.

Penjualan mobil baru Eropa naik 5,7 persen pada Maret, menurut data dari badan industri ACEA. Namun sektor otomotif berada di bawah tekanan pada hari Jumat.

Pembuat peralatan otomatis Faurecia ditutup turun 3,6 persen setelah perusahaan mengatakan penjualan kuartalan turun 2 persen di Tiongkok. Societe Generale juga memotong outlook pada saham dari “beli” untuk “menahan”. Sesama perusahaan mobil Perancis yang terdaftar Peugeot Citroen dan Valeo ditutup melemah tajam di belakang ini.

Volkswagen juga menutup 2,4 persen turun setelah produsen mobil Jerman mengatakan penjualan merek Maret turun 2,7 persen, menyoroti bahwa masih merasakan efek dari skandal emisi diesel.

PHK sekali lagi pada agenda di sektor perbankan dengan BNP Paribas mengusulkan program sukarela yang bisa melihat hingga 675 posisi hilang dari bank Perancis dalam tiga tahun ke depan. Saham ditutup di atas 1 persen.

Beberapa bank Italia selesai lebih tinggi namun, sebagai rencana untuk membantu dengan kredit macet mereka terus meningkat. Pemerintah negara itu telah mengusulkan dana yang akan dapat membeli kredit non-performing dari bank Italia. Banco Popolare muncul lebih dari 4,5 persen.
Carrefour melompat 3,8%

Di tempat lain, laporan menjadi fokus sekali lagi untuk investor. Jaringan supermarket Prancis, Carrefour melaporkan penjualan sesuai dengan harapan, tetapi menunjukkan tanda-tanda perlambatan di pasar dalam negeri dari Perancis dan menunjuk kelemahan di Tiongkok. Namun, saham melonjak sekitar 3,8 persen.

Hedge Fund terbesar di dunia hedge yang terdaftar Man Group melihat saham melompat lebih dari 7 persen, setelah mengungkapkan telah memegang sebagian besar aset berinvestasi, meskipun kuartal pertama menantang bagi manajer investasi, Reuters melaporkan.

Kelompok hotel Perancis, Accor jatuh 1,5 persen setelah JPMorgan memangkas target harga untuk saham. Dan Intercontinental Hotel Group turun lebih dari 2 persen setelah JPMorgan memangkas outlook pada saham.

Saham fashion mewah merek Inggris Burberry ditutup melemah tajam menyusul hasil berhati-hati pada Kamis dan setelah sejumlah broker termasuk JPMorgan dan Bernstein menurunkan target harga mereka untuk saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak melemah dengan kekuatiran gagalnya hasil pertemuan Doha yang memberikan sentimen negatif merosotnya kembali harga minyak mentah.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here