Dollar Singapura Menguat Meski Ekspor NODX Mengecewakan

481

Mengakhiri perdagangan valas Singapura akhir pekan, dollar Singapura berhasil menguat kembali lanjutkan trend perdagangan akhir lalu terhadap dollar AS meski sentimen negatif dari data ekspor NODXnya mengecewakan. Penguatan kurs ini juga mendapat momentum pelemahan dollar terhadap banyak rival utamanya masuki perdagangan sesi Eropa sore ini.

Menurut data yang dilaporkan International Enterprise Singapore siang ini, ekspor domestik non-minyak (NODX) Singapura menurun sangat besar dari yang diperkirakan pada bulan Maret oleh ekonom, ekspor NODX turun tajam sebesar 15,6 persen secara tahunan di bulan Maret, berbeda dengan kenaikan 2,0 persen pada bulan sebelumnya. Sebelumnya para ekonom mengharapkan penurunan ekspor hanya 12,6 persen saja.

Lihat: Produk Elektronik Singapura Kurang Laku, Ekspor NODX Menurun

Untuk pergerakannya terhadap kurs rupiah (idr) hari ini, dollar Singapura  yang menguat terhadap dollar AS mendapat kekuatan menekan rupiah. Pekan lalu secara mingguan, kurs SGD terpukul kuat oleh rupiah setelah 4 pekan berturut sebelumnya menguat.

Lihat:  Rupiah Senin Akhirnya Kuat Juga, Bursa Saham Jadi Untung

Memantau kurs dolar Singapura pada pair USDSGD saat ini (09:00:11 GMT) bergerak kuat  di kisaran 1.3554 setelah diawal perdagangan dibuka kuat pada level 1.3568.  Pada perdagangan  sebelumnya   pair USDSGD menutup harian dengan bearish  yang  berakhir di 1.3573.

Mengukur kekuatan dolar Singapura terhadap Rupiah pada pair SGDIDR di pasar spot saat ini bergulir kuat di kisaran 9709.26 setelah perdagangan  sebelumnya ditutup  lemah 9,689.68.  Dan  untuk transaksi  antar bank ditanah air hari ini berdasarkan kurs BI harga jual dollar Singapura lebih tinggi menjadi   9,771.00  dibandingkan dengan harga jual sebelumnya   di harga 9,717.98.

Secara teknikal, analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan pair USDSGD akhir perdagangan diperkirakan bearish, dan berdasarkan harga tinggi perdagangan sore  ini di 1.3619  dan posisi rendah  di 1.3535  pair ini  berpotensi  turun di kisaran 1.3525 malam nanti.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here