Awal Indeks Shanghai 22 April Turun Tergerus Kekuatiran Pemulihan Ekonomi

551
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (21/04), Indeks Shanghai dibuka negatif, saat ini terpantau turun -10,30 poin atau -0,35 persen pada 2942.59. Pelemahan indeks Shanghai masih tertekan aksi profit taking terpicu kekuatiran keberhasilan pemulihan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 21 April Berakhir Negatif Tertekan Profit Taking

Pelemahan bursa Shanghai terpicu kekhawatiran bahwa membaiknya data ekonomi akan mencegah stimulus lebih lanjut dan utang perusahaan akan meningkat.

Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan mengatakan ekonomi Tiongkok memiliki awal yang baik untuk tahun ini dan fundamental akan tetap sehat dalam jangka panjang, menurut pernyataan di situs PBOC Sabtu. Dia menegaskan bahwa Tiongkok akan mengejar kebijakan moneter yang prudent dengan cara yang fleksibel dan moderat sambil menjaga likuiditas yang wajar dan cukup.

PBOC melelang 250 miliar yuan ($ 38,7 miliar) dari perjanjian seven-day reverse-repurchase pada hari Rabu, terbesar sejak 26 Februari, menurut pedagang di dealer utama. Bank sentral menambahkan 90 miliar yuan di reverse repos, Selasa.

Lihat : PBOC Suntikkan Dana Lagi Pada Pasar Keuangan Tiongkok

Kekuatiran ekonomi Tiongkok banyak disoroti terkait menumpuknya pinjaman di negara tersebut.

Standard & Poor dan Moody Investors Service memangkas proyeksi jangka panjang rating kredit Tiongkok menjadi negatif bulan lalu, mengutip melonjaknya beban utang negara dan kekhawatiran bahwa pemerintah tidak akan dapat melaksanakan reformasi.

Kredit baru Tiongkok meningkat 4,6 triliun yuan ($ 712.000.000.000) pada kuartal pertama, melebihi tingkat kedalaman selama krisis keuangan global 2009. Total utang dari perusahaan, pemerintah dan rumah tangga adalah 247 persen dari produk domestik bruto tahun lalu, naik dari 164 persen pada 2008, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Lihat : Peningkatan Kredit Berpotensi Menekan Ekonomi Tiongkok

Pada awal perdagangan pagi ini saham-saham yang melemah yaitu saham ICBC yang turun -0,23, saham Shanghai Pudong turun -0,49%, saham China CITIC Bank turun -0,68%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi melemah terbatas kekuatiran pemulihan ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang menguatkan ekonomi domestik. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2814-2717 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3051-3161.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here