Awal Positif Bursa Eropa 26 April Menantikan Pertemuan Bank Sentral

591

Bursa Saham Eropa dibuka positif pada awal perdagangan Selasa (26/04) menantikan hasil dari beberapa pertemuan bank sentral pekan ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,64 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.282,81, naik 21,89 poin atau 0,35%

Indeks DAX berada pada posisi 10.322,45, naik 28,10 poin atau 0,27%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.555,64, naik 9,52 poin atau 0,21%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.262,40, naik 122.40 poin atau 1,34%

Lihat : Bursa Eropa 25 April Berawal Negatif Terpengaruh Pelemahan Bursa Asia

Saham Eropa melawan tren negatif setelah saham energi memimpin penurunan bursa saham AS semalam. Pasar juga umumnya berhati-hati menjelang keputusan kebijakan moneter bank sentral utama pada pekan ini.

Komite Pasar Terbuka Federal AS diperkirakan tidak akan bergerak pada tingkat suku bunga pada pertemuan dijadwalkan hari Selasa ini dan Rabu, namun investor akan meneliti pernyataan untuk indikasi pada potensi kenaikan pada pertemuan Juni. Sementara itu, Bank of Japan akan merilis pernyataan kebijakan moneter Kamis.

Harga minyak mentah berjangka naik pada Selasa, didorong oleh dolar yang lebih lemah dan banjir uang baru ke dalam pasar, tetapi analis memperingatkan bahwa fundamental tetap lemah dengan persaingan peningkatan produksi di Timur Tengah.

Investor juga terfokus pada laporan pendapatan dari perusahaan-perusahaan Eropa. Di Perancis, operator telekomunikasi Orange mengatakan pendapatan kuartal pertama tumbuh 0,6 persen tahun-ke-tahun, dibantu oleh pertumbuhan di Spanyol. Laba disajikan kembali sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) turun 1,6 persen. Oranye mengkorfimasi proyeksi setahun penuh untuk 2016, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Perusahaan teknik Safran diperdagangkan lebih tinggi setelah mengatakan pendapatan disesuaikan naik 7,8 persen pada kuartal pertama pada € 4,24 miliar ($ 4,77 miliar).

Di Jerman, produsen obat Bayer melaporkan kenaikan 15,7 persen di EBITDA untuk kuartal pertama menjadi 3,4 miliar euro ($ 3,8 milyar), mengirimkan saham ke wilayah positif.

Di tempat lain, Perusahaan gizi dan kesehatan Belanda DSM mengatakan kelompok EBITDA naik 19 persen menjadi 296 juta euro pada kuartal pertama 2016.

Dan lembaga kepegawaian Belanda Randstad melaporkan kenaikan 10 persen pada laba inti untuk kuartal pertama dari € 168.900.000, tapi ini mengecewakan para investor, mengirimkan saham sedikit lebih rendah.

Perusahaan Inggris, Whitbread, pemilik rantai Costa Coffee, melaporkan kenaikan 11,9 persen pada laba sebelum pajak yang mendasari 2015. Saham perusahaan melonjak lebih dari 3 persen.

Saham Perusahaan Minyak utama BP turun setelah melaporkan kerugian sebelum pajak $ 865 juta  pada kuartal pertama 2016 harga minyak rendah terus menekan perusahaan.

British American Tobacco mengatakan bahwa pendapatan naik 1,7 persen pada kuartal pertama tahun ini dengan kurs saat ini tetapi memperingatkan bahwa “lingkungan perdagangan tetap menantang, terutama karena dampak lanjutan dari nilai tukar yang merugikan”. Namun, saham naik lebih dari 2 persen.

Saham-saham sektor sumber daya seperti Arcelor Mittal, Rio Tinto dan Glencore di antara saham-saham yang berada di bawah tekanan.

Perusahaan teknik Inggris Cobham turun lebih dari 19 persen setelah menjelaskan rights issue £ 500 juta ($ 724.800.000) setelah peringatan bahwa perdagangan kuartal pertama berada di bawah perkiraan dewan.

Saham di Austria Microsystems, pemasok untuk Apple, jatuh lebih dari 21 persen setelah melaporkan hasil kuartal pertama yang lemah dan memperingatkan tentang “volatilitas yang sedang berlangsung” pada kuartal kedua. Ini menyeret produsen chip lainnya termasuk Dialog Semiconductor dan ARM.

Saham Thyssenkrupp diperdagangkan melemah tajam setelah kalah pada upaya untuk membangun armada kapal selam untuk Australia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi melemah dengan indikasi penguatan data Durable Goods Orders. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here