Indeks Shanghai 6 Mei Bergerak Negatif Tertekan Kekuatiran Pemulihan Ekonomi

551
shanghai index

Mengawali awal perdagangan saham di bursa Tiongkok akhir pekan Jumat (06/05), Indeks Shanghai bergerak negatif, saat ini terpantau turun -5,34 poin atau -0,18 persen pada 2992.50. Pelemahan indeks Shanghai masih terpicu kekuatiran investor akan ekonomi Tiongkok, yang kembali dipicu baru-baru ini dengan pelemahan aktifitas manufaktur maupun jasa Tiongko.

Lihat : Indeks Shanghai 5 Mei Berakhir Terangkat Harapan Peningkatan Investasi Swasta

Kekuatiran perkembangan ekonomi Tiongkok kembali muncul setelah data aktifitas jasa sektor swasta Tiongkok melambat pada bulan April.

Aktifitas Jasa Tiongkok tumbuh lebih lambat pada bulan April, pengukur swasta menunjukkan pada Kamis (05/05), menambah ketidakpastian arah ekonomi negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

The Caixin China services purchasing managers jatuh ke 51,8 pada April dari 52,2 pada Maret, Caixin Media Co dan perusahaan riset Markit mengatakan, menunjukkan perlambatan sektor jasa negara tersebut.

Lihat : Aktifitas Jasa Swasta Tiongkok April Melambat

Aktivitas sektor manufaktur Tiongkok tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April, namun turun tipis dibandingkan bulal sebelumnya, demikian survei resmi menunjukkan pada hari Minggu (01/05), meningkatkan keraguan tentang keberlanjutan kenaikan baru-baru ini di ekonomi negeri dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) membukukan hasil 50,1 pada bulan April, turun tipis dari bulan Maret 50,2 dan hampir di atas tanda 50-point yang memisahkan ekspansi dalam kegiatan dari kontraksi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok April Turun Tipis

Aktifitas di pabrik-pabrik Tiongkok menyusut pada April karena permintaan stagnan, memaksa perusahaan untuk memotong tajam pekerjaan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Selasa (03/05), yang kembali menimbulkan keraguan apakah negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut akan pulih.

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) turun menjadi 49,4 bulan lalu, di bawah ekspektasi pasar 49,9 dan turun sedikit dari bulan Maret 49,7.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Pada perdagangan pagi ini saham perusahaan keuangan kapital besar diperdagangkan lebih rendah, dengan saham Ping An Insurance turun 1,13 persen, saham Bank of China turun 1 persen. Saham China Construction Bank turun 0,83 persen, saham ICBC turun 0,5 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2896-2792 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3083-3195.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here