Tingkat Pengangguran Korea Selatan Menurun, Namun Lapangan Kerja Juga Turun

843

Tingkat pengangguran Korea Selatan jatuh pada bulan April setelah lebih banyak orang dipekerjakan di sektor akomodasi dan sektor ritel, namun tingkat pengangguran untuk orang-orang muda masih tetap tinggi, sebuah laporan pemerintah Korea Selatan menunjukkan pada Rabu (11/05).

Tingkat pengangguran merosot ke 3,9 persen pada April, dari 4,3 persen pada Maret. Tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman juga turun menjadi 3,7 persen dari 3,8 persen pada periode yang dikutip, menurut laporan oleh Statistik Korea.

south-korea-unemployment-rate (1)

Tapi penciptaan lapangan kerja menurun dari bulan sebelumnya. Jumlah orang yang dipekerjakan mencapai 26,2 juta bulan lalu, naik 252.000 dari tahun sebelumnya. Ini lebih rendah dari 300.000 pada bulan sebelumnya.

Tingkat pengangguran untuk orang-orang muda, berusia antara 15 dan 29, mencapai 10,9 persen bulan lalu, sedikit turun dari 11,8 persen pada bulan Maret. Ini menandai jumlah tertinggi untuk bulan April.

“Ini musim perekrutan, Maret dan April. Ujian Pemerintah dan prosedur perekrutan perusahaan masih terjadi,” kata Sim Won-bo, kepala divisi badan statistik ketenagakerjaan.

“Semakin banyak orang muda mencari pekerjaan setelah lulus, mendorong tingkat pengangguran mereka. Pada saat yang sama, tingkat kerja mereka juga meningkat. Kita harus melihat kedua sisi.”

Tingkat kerja bagi mereka yang berusia di bawah 30 tetap di atas garis 41 persen sejak 2013, ketika terendah di 39,7 persen. Pada bulan April, mencapai 41,8 persen, naik dari 41 persen pada Maret.

Badan statistik mengatakan sektor akomodasi dan restoran mempekerjakan 2,23 juta orang bulan lalu, naik 121.000 dari 2,1 juta tahun lalu.

Sektor kesehatan dan pendidikan masyarakat juga memberikan dukungan pada peningkatan lapangan kerja, tambahnya.

Jumlah pekerjaan dengan sektor grosir dan eceran jatuh 81.000 pada tahunan menjadi 3,7 juta bulan lalu, dari tahun sebelumnya, melambat dari 142.000 pada tahunan yang  terjun di bulan sebelumnya.

Kementerian keuangan mengatakan sektor jasa memimpin peningkatan keseluruhan karyawan di tengah tanda-tanda pemulihan permintaan domestik.

Data terbaru menunjukkan bahwa penjualan ritel di negara itu naik 4,2 persen pada Maret dari bulan sebelumnya pada kenaikan tajam dalam barang tahan lama seperti mobil penumpang di belakang kebijakan stimulus yang dipimpin pemerintah seperti dimulainya kembali program pemotongan pajak cukai.

Sentimen konsumen meningkat dari bulan sebelumnya di bulan April, berada pada patokan level 100 untuk bulan kedua berturut-turut.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here