Bursa Seoul 18 Mei Ditutup Negatif Tergerus Kekuatiran Naiknya Suku Bunga AS

620
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Rabu (18/05), indeks Kospi ditutup turun 0,58 persen, atau 11,33 poin, pada 1.956,73. Penurunan Indeks Kospi tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS dalam jangka dekat ini.

Lihat : Indeks Kospi 18 Mei Berawal Turun Tertekan Pelemahan Wall Street

Sentimen investor membeku melihat indikator yang lebih baik dari yang diantisipasi di AS yang menunjukkan perbaikan dalam ekonomi AS, tetapi juga meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Biaya hidup di AS naik pada bulan April tertinggi dalam tiga tahun yang merupakan indikasi bahwa inflasi mendekati target Federal Reserve.

Harga konsumen meningkat 0,4 persen, kenaikan terbesar sejak Februari 2013, menyusul hasil sebelumnya 0,1 persen pada Maret, sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan hari Selasa (17/05) di Washington. Inflasi inti, yang mengeluarkan biaya makanan dan energi, naik 0,2 persen setelah naik 0,1 persen bulan sebelumnya.

Lompatan terbesar dalam harga bensin di hampir empat tahun memimpin rebound dalam biaya bahan bakar yang meletakkan dasar untuk inflasi secara keseluruhan untuk naik lebih tinggi, sementara sedikit melemah dalam dolar akan mendukung kenaikan harga inti ke tingkat mendekati target 2 persen The Fed. Sebuah pasar penguatan kerja juga membantu meningkatkan gaji, yang dapat mendorong perusahaan untuk menaikkan harga.

Lihat : Tingkat Inflasi AS April Melonjak Tertinggi 3 Tahun

“Pernyataan terbaru dari beberapa anggota dewan AS Federal Reserve tampaknya telah menambah kekhawatiran atas kenaikan suku bunga AS mungkin dalam waktu dekat,” kata analis Hyundai Securities Bae Sung-young.

Sebuah kenaikan suku bunga AS sering mengakibatkan arus keluar besar-besaran modal asing dari pasar negara berkembang, seperti Korea Selatan.

Pada akhir perdagangan saham, saham-saham kapital besar turun. Saham Samsung Electronics naik 0,32 persen, tapi saham Hyundai Motor kehilangan 1,12 persen. Saham Hyundai Mobis jatuh 3,12 persen, sementara saham produsen bahan kimia atas LG Chem anjlok 5,25 persen.

Mata uang lokal Won ditutup pada 1,182.60 Won terhadap dolar AS, turun 8,90 dari penutupan sesi sebelumnya.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 0,05 poin atau 0,02% pada 239.35, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 239.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan mencermati risalah pertemuan FOMC yang jika bernada hawkish akan menekan indeks Kospi. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 236.35-233.73 dan kisaran Resistance 242.41-245.44.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here